Sunday, September 25, 2022
35 C
Jakarta
More

    5 Tips Aman Naik Ojol Ditengah Pandemi Corona

    Mudahnya virus covid-19 atau yang lebih akrab disebut virus corona ini menjadi hal yang perlu diwaspadai oleh semua orang. Karena itu, ditengah keadaan pandemic virus covid yang saat ini sedang melanda Indonesia, Pemerintah telah menetapkan status darurat kesehatan masyarakat dan menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah untuk mengurangi potensi penyebaran lebih luas.

    Namun, jika terpaksa harus pergi keluar rumah karena alasan mendesak, sebisa mungkin kamu harus menghindari kontak fisik dengan orang lain. Untuk itu, dalam situasi seperti ini, menggunakan kendaraan umum sangatlah dihindari. Nah, satu-satunya alternatif transportasi yang mungkin membantu adalah adanya ojek online. Namun, untuk naik ojek online juga belum tentu terjamin kebersihan dan keamanannya. Sehingga, perlu bagi kamu untuk mengetahui tips untuk bisa lebih aman ketika menggunakan ojek online ditengah sutuasi pandemic covid-19 yang terjadi saat ini. Apa sih tipsnya?

    Usahakan untuk mengenakan helm milikmu sendiri

    Untuk menghindari kontak dengan orang lain, kamu bisa mengenakan helm milikmu sendiri sehingga tidak perlu menggunakan helm ojek bekas orang lain. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi potensi kontak langsung dengan penumpang sebelumnya yang mengenakan helm yang sama.

    Mengenakan masker

    Meski sudah mengenakan helm milik sendiri, hal ini belum tentu efektif. Kamu harus menambah proteksi diri dengan mengenakan masker. Selain menghindari kamu menghirup debu jalanan, masker juga berfungsi untuk menghindari droplet masuk ke tubuh.

    Menggunakan sarung tangan

    Untuk menghindari kontak fisik secara langsung dengan pengemudi, kamu bisa menggunakan sarung tangan. Menggunakan sarung tangan ini juga bisa melindungi kamu untuk menyentuh bagian-bagian motor yang mungkin saja sudah tercemar virus. Ketika sudah selesai menggunakannya, jangan lupa untuk mencuci sarung tangan yang kamu kenakan ya!

    Jika sudah sampai tujuan, cucilah tangan dan wajah

    Ketika kamu sudah selesai menggunakan jasa ojek online, ingatlah untuk segera mencuci tangan dengan sabun hingga bersih dan juga mencuci wajahmu dari debu-debu jalanan yang mungkin menempel.

    Bersihkan diri setibanya di rumah

    Jangan lupa untuk membersihkan diri langsung setelah kamu tiba di rumah. Hindari untuk berinteraksi dahulu dengan orang rumah sebelum kamu mandi dan membersihkan tubuhmu agar keluarga dan orang terdekatmu tidak terpapar virus yang kamu bawa karena baktivitas di luar rumah.

    Nah, hal-hal itulah yang perlu kamu lakukan ketika akan menggunakan jasa ojek online untuk beraktivitas di luar rumah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dirimu dan minimalisir interaksi dengan orang lain demi kesehatan dan keamanan bersama ya!

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here