Sunday, October 17, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

6 Tips Mencuci Mobil yang Benar Agar Cat Bodi Tidak Rusak

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siapa yang tak ingin tampilan luar kendaraan miliknya terus terlihat mulus seperti baru? Untuk menjaga penampilan kendaraan khususnya mobil, dibutuhkan perawatan khusus yang tidak boleh sembarangan. Salah satu perawatan mobil yang harus kamu perhatikan adalah ketika mencuci mobil. Agar kondisi cat mobil tetap dalam keadaan baik, kamu perlu tips dan trick cara mencuci mobil yang benar agar tampilan luar mobilmu tetap seperti baru. Bagaimana sih caranya?

Gunakan alat-alat khusus

Jika kamu akan mencuci mobilmu sendiri, pastikan untuk menyiapkan alat-alat khusus untuk mencuci mobil. Alat-alat khusus tersebut diantaranya adalah penggunaan serat mikro, sarung tangan untuk mencuci, dan juga handuk berbulu untuk mengeringkan. Hindari untuk menggunakan kanebo atau spons biasa untuk mencuci dan mengeringkan mobil karena kedua alat tersebut tidak terlalu efektif membersihkan mobil.

Bersihkan seluruh area mobil dahulu sebelum benar-benar mencuci

Pastikan untuk membersihkan seluruh bagian mobil dengan air untuk meluruhkan kotora-kotoran yang masih menempel sebelum mencuci mobil. Utamakan untuk membersihkan lebih dahulu bagian kolong roda dan velg karena bagian tersebut paling susah dibersihkan. Jangan menyemprotkan air ke bagian bodi mobil karena hal tersebut akan menimbulkan bekas bintik-bintik pada mobil. Hindari juga mencuci mobil dibawah sinar matahari langsung karena hal ini bisa membuat air cepat mengering dan bisa menjadi jamur yang bisa membuat mobil tampak kusam. Setelah membersihkan bagian bawah mobil, bersihkan juga bagian bodi mobil dengan shampoo khusus. Sebelum dibersihkan menggunakan shampoo, pastikan untuk menghilangkan debu-debu yang menempel lebih dulu menggunakan kain serat fiber.

Semprotkan air dengan cara yang benar

Car Washing on Back Yard. Transportation Photo Collection.

Jika kamu mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi, miringkanlah semprotan air kea rah samping kanan atau kiri. Hindari untuk menyemprotkan air secara horizontal langsung kea rah mobil karena hal tersebut kurang efektif. Lebih baik miringkan ke kanan atau kiri atau bisa juga ke atas atau bawah agar kotoran bisa langsung jatuh.

Gunakan shampoo mobil khusus dengan pH balance

Jangan lupa untuk gunakan shampoo khusus untuk mencuci mobil. Hindari menggunakan shampoo dengan kadar deterjen yang terlalu banyak karena itu dapat merusak kualitas cat mobil. Gunakan shampoo yang mengandung pH balance. Karena banyak orang yang belum mengetahui tingkat zat besi dan air yang menyebabkan cat cepat berkarat. Sehingga diperlukan shampoo khusus yang mengandung pH agar menyeimbangkannya.

Bersihkan kotoran membandel dengan claying

Terkadang, ada kotoran membandel yang menempel pada bodi mobil dan sukar untuk dibersihkan seperti kotoran cipratan aspal atau bekas serangga yang nemempel. Untuk membersihkan kotoran membandel tersebut, kamu bisa menggunakan claying. Penggunaan claying ini dapat membersihkan kotoran membandel yang menempel pada bodi mobil. Tapi perlu diingat, jangan menggunakan claying terlalu sering karena sifatnya abrasive dan bisa mengikis lapisan pernis cat mobil. Gunakan claying secara berkala 3-6 bulan sekali saja.

Gunakan handuk berbulu untuk mengeringkan

Jika sudah selesai mencuci mobil, jangan lupa untuk segera mengeringkan permukaan bodi mobil agar bekas air tak membekas dan tidak berjamur. Dalam mengelap dan mengeringkan bodi mobil, gunakan handuk berbulu yang memiliki permukaan halus. Hindari menggunakan kanebo karena bahan material yang kasar dari kanebo tersebut bisa merusak dan menimbulkan goresan di bodi mobil.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

Mengawali bisnis pasti ada saja tantangan dan kesulitan yang kamu alami. Terkadang rasanya ingin menyerah saja, tetapi tentunya tidak...

Sicepat Ekspres Berikan Bantuan Perahu Karet ke BPBD Kabupaten Bekasi Untuk Antisipasi Bencana Banjir

SiCepat Ekspres melalui kegiatan CSR SiCepat Peduli menyalurkan bantuan berupa perahu karet ke BPBD Kabupaten Bekasi pada hari Jumat, 8 Oktober...

PeduliLindungi kini dapat diakses melalui Chatbot WhatsApp

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat pemerintah dengan tujuan membantu pelacakan dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini memerlukan peran masyarakat...

Populer Artikel