Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeWisata KulinerKuliner7 Jajanan Pasar yang Tak Lekang Oleh Waktu

    7 Jajanan Pasar yang Tak Lekang Oleh Waktu

    Meski kini banyak kuliner-kuliner modern yang datang menyerbu, bagi beberapa orang kuliner tradisional masih memiliki tempat spesial karena cita rasanya yang tak bisa digantikan. Beberapa diantara kuliner-kuliner tradisional tersebut merupakan jajanan yang dulu sering kita jumpai dengan mudah saat pergi ke pasar tradisional dan dijual di pinggir jalan.

    Tak hanya ditemui di pasar, jajanan ini masih bisa kita jumpai di ketika ada acara besar seperti misalnya lamaran, pernikahan, khitanan, hingga perayaan hari besar seperti peringatan maulud nabi, lebaran, dan lainnya. Nah, ini dia 7 jajanan pasar yang punya cita rasa enak dan tak pernah lekang oleh waktu!

    Kue cucur

    Kue ini memiliki cita rasa yang manis khas gula jawa. Terbuat dari tepung beras, kue ini berbentuk lingkaran dan disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu hingga warnanya kecoklatan. Meski agak repot untuk menyingkirkan minyaknya sebelum dimakan, kue ini masih eksis hingga sekarang dan banyak disukai baik oleh kalangan tua maupun muda.

    Klepon

    Jajanan pasar berbentuk bulat berawarna hijau dengan taburan kelapa ini sering kita temui di pasar tradisional. Klepon memiliki cita rasa unik yang memadukan manisnya gula jawa yang menjadi isian di bagian dalam dan rasa gurih dari parutan kelapa diluarnya. Ukurannya pun dibuat kecil-kecil agar mudah disantap dan membuat kamu ketagihan.

    Onde-onde

    Jajanan berbentuk bulat dengan biji wijen diluarnya ini merupakan jajanan yang hingga kini masih eksis dan terbilang mudah ditemukan. Terbuat dari tepung terigu dan tepung ketan dengan isian kacang hijau di dalamnya ini memiliki citarasa manis sekaligus gurih karena taburan biji wijen. Tak hanya bisa ditemui di pasar saja, onde-onde juga sering mejeng sebagai kuliner yang disajikan di hotel berbintang lho!

    Putu ayu

    Kalau yang satu ini, bentuknya sesuai dengan namanya. Ayu berarti cantik, karena jajanan ini punya bentuk yang sangat menarik. Berawana hijau, jajanan ini terbuat dari tepung beras yang dikukus. Didalamnya terdapat gula jawa yang memberikan cita rasa manis. Nah, cita rasa manis ini berpadu dengan rasa gurih yang ditimbulkan dari parutan kelapa diatasnya.

    Nagasari

    Jajanan satu ini memiliki nama yang unik sekaligus rasa yang unik pula. Terbuat dari tepung beras, sagu, santan, dan gula, jajanan ini sering disajikan saat perayaan acara besar sebagai jajanan wajib. Di dalamnya, terdapat irisan pisang yang membuat jajanan ini punya citarasa manis bercampur gurih karena bahan dasarnya yang terbuat dari santan. Dibalut dengan daun pisang dan diberi hiasan daun pandan, jajanan ini punya wangi yang khas yang membuatmu ingin cepat mencicipinya.

    Kue lapis

    Nah jajanan satu ini seringkali ditemui di acara besar seperti lamaran untuk dijadikan seserahan kepada calon pengantin. Miliki warna yang beragam alias warna warni dan berlapis, kue lapis memiliki tekstur yang kenyal karena terbuat dari terpung beras yang dicampur dengan tepung kanji. Citarasa yang dimiliki kue lapis sendiri biasanya manis namun juga bercampur gurih karena dibuat dengan tambahan santan.

    Donat gula

    Nah kalau jajanan satu ini punya bentuk yang sama dengan donat pada umumnya. Bedanya, topping di atas donat hanya berasal dari tepung gula yang bercita rasa manis. Cara membuatnya un mudah, hanya dari tepung terigu yang dibentuk seperti donat kemudian digoreng. Sebelum disajikan, donat ini akan ditaburi dengan gula halus diatasnya.   

    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments