Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Adaptasi Program CSR SiCepat Ekspres Dalam Menanggapi Pandemi Covid-19

    CSR Outlook merupakan inisiatif riset dari Olahkarsa yang berupa menguraikan dan menggambarkan perkembangan topik seputar Corporate Social Responsibility (CSR). Sebagai sebuah kerja riset bersama, CSR Outlook diharapkan dapat menjadi jendela untuk melihat secara keseluruhan kondisi objektif implementasi program CSR di Indonesia.

    Pada kesempatan kali ini, Kamis (26/8/2021), CSR Outlook Volume 1 mengajak PT SiCepat Ekspres Indonesia sebagai salah satu narasumber. Mengangkat tema “Indonesia CSR Landscape: Analisis Komprehensif Management Stakeholder & Komunikasi Program CSR oleh Berbagai Perusahaan di Indonesia, CSR Outlook Volume 1 ini banyak menguraikan tentang management stakeholder dan mengimplementasikan program, serta komunikasi CSR di Indonesia terkait dengan adaptasi terhadap masalah sosial, ekonomi, budaya, politik, teknologi, dan pandemi.

    Melalui webinar yang diselenggarakan oleh Olahkarsa di Zoom Meeting, SiCepat Ekspres yang diwakili oleh Chief Marketing Officer (CMO), Wiwin Dewi Herawati, memaparkan program Corporate Social Responsibility (CSR) SiCepat Peduli, saat ini SiCepat telah banyak terlibat dalam aksi tanggung jawab sosial, menanggapi dampak besar dari pandemi Covid-19. Pada tahun 2021 ini SiCepat telah melakukan 22 kegiatan CSR  berfokus pada bantuan bencana alam, pendidikan, sembako kepada kaum duafa dan membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

    CSR ini adalah tanggung jawab, bukan sekadar program, tetapi siapa pun saat ini bertanggung jawab, terutama pada saat masa pandemi Covid-19 saat ini semuanya harus bergerak terutama untuk korporasi. Kita harus segera menanggapi dan menuntaskan pandemi Covid-19 ini,” tutur Wiwin.

    31 Kegiatan CSR telah dilakukan oleh SiCepat Ekspres di tahun 2021 dengan alokasi dana sebesar 21 Miliar Rupiah. Dengan total 600.000 nasi kotak telah dibagikan kepada warga yang terdampak pandemi, setiap hari Jum’at dalam program Jum’at Berkah. Kemudian, sebanyak 500.000 sembako telah dibagikan dalam program bantuan bencana dan 1.000 sembako mustahik.

    Menanggapi pandemi Covid-19, SiCepat Ekspres juga melakukan kegiatan CSR dengan medistribusikan Masker GEMAS X SiCepat sebanyak 3.600.000 masker, 5.000 pengiriman APD gratis, dan 9 Miliar Rupiah untuk alokasi dana penanganan Covid-19. Tidak melupakan dbidang pendidikan, SiCepat juga berperan dalam renovasi empat sekolah PAUD dan beasiswa untuk anak dari almahrum atlet bulu tangkis Markis Kido, serta donasi buku bacaan

    Dengan melihat cukup banyak dampak yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19 ini, SiCepat Ekspres telah menyusun anggaran, serta program-program untuk dilaksanakan dalam mengatasi permasalahan yang ada. Program-program yang dilaksanakan juga merupakan kerja sama SiCepat Ekspres bersama instansi pemerintahan, seperti BAZNAS, BNPB, Kementerian Kesehatan RI, TNI, Polri, dan sebagainya. Sementara, untuk kerja sama dengan pihak swasta, SiCepat berkolaborasi dan mendukung Gerakan Indonesia Pasti Bisa, Taman Baca Inovator, GEMAS, Tangan Manusia, Happy Hearts, Dompet Dhuafa, dan lain sebagainya.

    “Tanggung jawab CSR ini merupakan tanggung jawab kita semua. Terhadap dampaknya pandemi Covid-19 ini kita bukan bicara mengenai tanggung jawab pemerintah, tetapi dalam hal ini SiCepat Ekspres juga meyakini bahwa untuk mengatasi Covid-19 ini sudah saatnya bahu-membahu, saling bantu,” ujar Wiwin.  

    Alycia Putri
    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here