Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Apa Itu Oksigen Konsentrator dan Kegunaannya

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Oksigen Konsentrator merupakan alat bantu medis yang digunakan dalam terapi oksigen. Alat ini digunakan untuk pasien yang mengalami kesulitan bernapas contohnya seseorang yang memiliki penyakit pneumonia, asma, gagal jantung, atau COVID-19.

Alat medis ini bekerja dengan memproses udara bebas di sekitar menjadi oksigen murni yang bisa digunakan pasien. Oksigen yang dihasilkan memiliki kadar kemurnian hingga 93% dan dapat memproduksi 1 hingga 5 liter oksigen per menit.

Cara kerjanya dengan menghilangkan nitrogen dari udara dan menghasilkan oksigen murni hingga 96%. Sebagai informasi, udara ruangan mengandung 80% nitrogen dan 20% oksigen.  Dengan konsentrator oksigen, kandungan udara akan berubah melalui proses penyaringan.

Ada dua filter atau saringan dalam satu mesin. Satu untuk mengambil udara dari luar. Saringan berikutnya untuk mengalirkan oksigen ke pasien. 

Dilihat dari bentuk dan fungsinya, oksigen konsentrator ini juga lebih ringkas dan mudah dibawa dibandingkan tabung oksigen cair. Pemakaiannya pun cocok untuk penggunaan di rumah karena selain portable dan tidak perlu diisi ulang, alat medis ini juga lebih aman dibandingkan oksigen ciar karena tidak mudah bocor dan terbakar. 

Alat ini membutuhkan daya listrik untuk bisa digunakan. Sehingga, dapat digunakan selama 24 jam penuh. Namun kekurangannya, oksigen konsentrator tidak bisa digunakan jika terjadi mati listrik.

Alat bantu oksigen kini sedang menjadi kebutuhan utama bagi pasien covid-19 yang mengalami gejala gangguan pernapasan. Dalam rangka membantu masyarakat, Gerakan #Indonesiapastibisa menghadirkan berbagai program bantuan, salah satunya program bantuan peminjaman oksigen gratis. Saat ini program tersebut juga telah memasuki tahap persiapan akhir yaitu proses pengiriman pasokan serta integrasi sistem agar dapat segera dilaksanakan. Untuk mendapat informasi lebih lanjut terkait program-program bantuan, kamu dapat mengakses laman website www.indonesiapastibisa.org

Baca juga Bantuan Gerakan #Indonesiapastibisa Melalui Kitabisa.com

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel