Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    Apa Resolusimu di Tahun 2020?

    Tahun 2019 telah berakhir dan 2020 telah siap menyambutmu dengan senyuman.Bicara soal tahun baru, pasti tak terlpepas dari yang namanya resolusi. Bagaimana resolusi yang pernah kamu buat di tahun 2019? Apakah sudah kamu raih hingga akhir tahun ini? atau kamu menemukan skenario Tuhan yang lebih baik? Bukan hal wajib untuk memenuhi semua resolusimu, jadikan hal tersebut sebagai semangat kamu untuk terus melanjutkan hidup dengan resolusi tahun 2020 yang baru

    Berbagai resolusi tentunya akan mulai dikumandangkan di awal tahun 2020 nanti seperti diantaranya resolusi untuk menjalani hidup sehat, resolusi dalam hal menabung agar bisa liburan ke suatu tempat, resolusi untuk mendapat pasangan, hingga resolusi untuk menggapai posisi atau jabatan tertentu dalam karir.

    Resolusi sebaiknya dijadikan sebagai semangat dan motivasi untuk menggapai berbagai hal yang telah kamu rencanakan dalam satu tahun, bukan untuk dijadikan sebagai tujuan akhir. Dalam menyusun resolusi juga tak boleh sembarangan. Meski masih rencana, sebuah resolusi hendaknya dibuat dengan pertimbangan yang matang sesuai dengan kondisi dan kemampuan diri.

    Menyusun resolusi tanpa sebuah pertimbangan akan membuatmu merasa sangat kecewa ketika rencana-rencana tersebut tak berjalan sesuai rencana dan akhirnya resolusimu tak bisa tercapai. Untuk itu, kamu perlu beberapa tips dan trick jitu dalam menyusun resolusi awal tahun , yakni diantaranya:

    Atur secara spesifik

    Semakin spesifik resolusi yang kamu susun, maka kamu akan semakin mudah memperkirakan jangka waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai resolusi tersebut. Menyusun rencana dengan spesifik juga akan lebih mudah membantumu dalam memikirkan berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalankannya.

    Terukur

    Buatlah rencana yang bisa kamu ukur. Jika resolusi kamu spesifik, kamu bisa mengukur pencapaian kamu setiap bulannya. Tentunya dengan realisasi yang kamu lakukan untuk mewujudkan resolusimu menjadi kenyataan. Kamu bisa membuat perencanaan pencapaian hingga evaluasi diri kamu. 

    Dapat dijangkau

    Buatlah resolusi yang realistis dan dapat kamu jangkau. Kamu bisa merencanakan mimpi besar kamu dengan beberapa langkah kecil berupa perubahan untuk mencapainya. Jangan membuat diri kamu justru malah stress dengan resolusi yang kamu buat sendiri. 

    Relevan

    Susunlah resolusi yang ingin kamu capai dengan alasan yang relevan. Ubah tujuan kamu untuk merubah diri kamu lebih baik, misalnya agar kamu lebih sehat. Tentunya kamu juga akan menjalankan resolusi kamu tanpa ada paksaan karena orang lain. Jadikan proses pencapaian resolusi kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

    Buat target yang sesuai

    Nah, setelah mengukur berapa lama waktu yang kamu butuhkan dan apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai resolusi, kini tinggal membagi rencanamu ke dalam timeline dengan dan tentukan target yang sesuai dengan kemampuan diri agar kamu bisa mencapainya sesuai dengan rencana.

    Yang perlu diingat, jadikan segala resolusi yang telah kamu susun dan rencanakan sebagai sumber semangat dan motivasi untuk bisa melangkah lebih maju setiap harinya. Jangan jadikan sebuah resolusi sebagai tujuan akhir yang nantinya akan menjadi beban pikiran yang bisa membuatmu stress berkepanjangan. Penting bagimu untuk menghargai setiap proses yang kamu lalui setiap harinya karena segala proses itulah yang bisa memberikanmu ilmu dan pengalaman untuk menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.  

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here