Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Aplikasi Peduli Lindungi Untuk Tracing Covid-19

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ditengah kondisi pandemic covid-19 yang kini sedang dihadapi oleh masyarakat Indonesia, Kementerian Kominfo bersama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkolaborasi utnuk mengembangkan sebuah aplikasi untuk menanggulangi situasi darurat covid-19 ini yakni aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi ini diluncurkan dengan tujuan agar masyarakat bisa saling melindungi dan menjaga untuk mencegah penularan virus covid-19 yang sedang merebak. Awalnya, aplikasi ini bernama TraceToegther, namun dengan tujuan untuk saling melindungi tersebut, aplikasi ini berubah nama menjadi PeduliLindungi.

Dilansir dari Gizmologi, Menkominfo yang diwakili oleh Johny G Plate mengatakan bahwa aplikasi ini dimaksudkan untuk melindungi baik pasien positif, ODP (Orang Dalam Pengawasan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), suspect, maupun masyarakat luas. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan tracing persebaran virus yang telah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Aplikasi PeduliLindungi ini bekerja dengan menggunakan data yang diproduksi oleh ponsel pintar pengguna dengan mengaktifkan Bluetooth untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada smartphone lain dalam radius Bluetooth yang juga terdaftar di aplikasi ini, maka akan terjadi pertukaran id anonym yang akan direkam oleh perangkat masing-masing.

Kemudian, PeduliLindungi akan mengidentifikasi pengguna yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif covid-19, PDP, dan ODp. Hal ini akan membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak fisik. Jika pengguna pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita covid-19 positif, PDP, dan ODp maka pengguna tersebut akan dihubungi oleh petugas kesehatan. Dengan begitu, petugas kesehatan bisa melakukan tindakan preventif terhadap orang-orang yang pernah berada di tempat dan waktu yang sama dengan penderita covid-19 positif.

Tak perlu khawatir dengan keamanan data pribadi, berdasarkan website resmi alikasi PeduliLindungi, aplikasi ini akan mengamankan data dan informasi pengguna dengan baik. Aplikasi PeduliLindungi hanya akan merekam data proximity (kedekatan) satu ponsel dengan ponsel lainnya dalam format terenkripsi. Aplikasi ini tidak merekam data geolokasi pengguna. Sedangkan untuk data nomor ponsel yang didaftarkan dan direlasikan dengan ID random dalam server, PeduliLindungi akan menyimpannya dengan aman sehingga pengguna tidak perlu khawatir data pribadinya akan bocor. Data tidak akan diakses, kecuali jika pengguna dalam resiko tertular covid-19 sehingga perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel