Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bantuan Dari Rumah Oksigen Gotong Royong

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rumah Oksigen Gotong Royong hadir sebagai bagian dari upaya pihak swasta untuk mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia. Rumah Oksigen Gotong Royong ini merupakan inisiasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), Grup GoTo, dan PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group).  

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan suatu fasilitas kesehatan semipermanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar Covid-19 dengan gejala sedang (kategori 2). Sebagai project pertama, fasilitas ini dibangun di Pulogadung tepat di sebelah kawasan pabrik Samator Group, di atas lahan yang disediakan oleh PT Master Steel dan didukung oleh PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan Rumah Oksigen.

Adapun lima solusi dan efektivitas Rumah Oksigen Gotong Royong di antaranya:

  1. Lokasi yang berada di jantung suplai oksigen pabrik Samator Group akan memastikan ketersediaan oksigen setiap saat bagi para penderita COVID-19 dengan gejala sedang.
  2. Kecepatan dan kedekatan akses ini akan mengeliminasi tantangan logistik di mana sering kali pasien harus mencari dan membawa oksigen dari tempat yang jauh.
  3. Kemudahan sistem registrasi/pemesanan tempat di Rumah Oksigen Gotong Royong melalui aplikasi Halodoc.
  4. Operasional yang dikelola oleh pihak yang berpengalaman di pengelolaan fasilitas kesehatan.
  5. Kemudahan akses kepada berbagai rumah sakit di sekitar lokasi, baik rumah sakit rujukan COVID-19, maupun rumah sakit swasta, untuk penderita yang mengalami eskalasi kasus.
rumah oksigen
Photo by Sharon McCutcheon from Unsplash

Selain menyuplai oksigen kepada warga yang membutuhkan, keberadaan Rumah Oksigen Gotong Royong ini diharapkan juga dapat membantu penurunan Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit di Jakarta yang saat ini telah mencapai sekitar 85%.

Lokasinya ada di Pulogadung ini dekat dengan sejumlah RS rujukan COVID-19, sehingga keberadaannya akan saling melengkapi. Apabila terdapat warga yang tengah dirawat di Rumah Oksigen Gotong Royong mengalami penurunan kondisi, maka dapat cepat dirujuk ke RS rujukan COVID-19 tersebut.

Alat bantu oksigen kini sedang menjadi kebutuhan utama bagi pasien covid-19 yang mengalami gejala gangguan pernapasan. Dalam rangka membantu masyarakat, Gerakan #Indonesiapastibisa menghadirkan berbagai program bantuan, salah satunya program bantuan peminjaman oksigen gratis. Saat ini program tersebut juga telah memasuki tahap persiapan akhir yaitu proses pengiriman pasokan serta integrasi sistem agar dapat segera dilaksanakan. Untuk mendapat informasi lebih lanjut terkait program-program bantuan, kamu dapat mengakses laman website www.indonesiapastibisa.org

Baca juga Bantu Pemerintah Atasi Covid-19, SiCepat Alokasikan Dana 10 Miliar

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel