Thursday, December 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Behind The Product, Tak Kenal Lelah dalam Digitalisasi Produk SiCepat

    Pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia yang semakin pesat ikut mempengaruhi perkembangan  bisnis SiCepat Ekspres yang berfokus melayani bisnis online berbasis digitalisasi. Berdiri sejak 2014, SiCepat Ekspres bisa dibilang termasuk salah satu dari sedikit pemain yang menyediakan produk dan layanan logistik terintegrasi termasuk product last-mile, warehouse & fulfilment, commerce enabler, distribusi online, hingga logistik jarak jauh.

    Sementara itu, SiCepat Ekspres juga membuat aplikasi yang dapat terhubung dengan beberapa platform digital. Beberapa platform digital yang telah diciptakan oleh SiCepat untuk mempermudah customer sekaligus mempermudah proses operasional antara lain SiCepat for Business, SiCepat TMS, SiCepat Food Driver, SiCepat POD, SiCepat Point Agent, hingga yang terbaru adalah Super Apps. Hadirnya beragam aplikasi ini merupakan bentuk komitmen SiCepat dalam menghadirkan layanan digital yang terintegrasi demi memberikan akses layanan yang lebih mudah. 

    Februari 2022 lalu SiCepat Ekspres meluncurkan Super Apps melalui aplikasi SiCepat Retail. Melalui Super Apps ini, pengguna bisa mendapatkan kemudahan dalam berbagai aktivitas pengiriman melalui SiCepat Ekspres.

    Tidak hanya itu, beberapa kemudahan yang bisa didapatkan yakni pengguna bisa dapat melakukan request pick up, donasi, melakukan tracking paket, fitur SiCepatKu, dan lainnya.  SuperApps hadir sebagai solusi bagi masyarakat agar bisa melakukan pengiriman barang atau paket melalui smartphone tanpa harus mendatangi gerai atau drop point SiCepat Ekspres.

    Pengembangan Super Apps ini tentu sangat berbeda dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya. Salah satunya yaitu metode pembayaran yang dapat dilakukan langsung melalui aplikasi.

    Baca juga: SiCepat Luncurkan Aplikasi Super Apss – SiCepat Retail

    Dimas Ryan Septiawan, Lead Product Manager Consumer Product SiCepat Ekspres menjelaskan gaya hidup masyarakat yang kini beralih melakukan segala aktivitas melalui smartphone salah satunya pembayaran secara digital.

    Melalui Super Apps, perbedaan juga terasa dari segi desain serta tampilan yang lebih modern hingga operasional lebih mudah digunakan oleh pengguna dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya. Selain itu, Super Apps saat ini sudah menggunakan teknologi terbaru sehingga untuk mengembangkan sebuah mobile apps divisi Information Technology (IT) tidak perlu melakukannya secara terpisah antara Android dan iOs.

    Dimas Ryan Septiawan selaku Lead Product Manager Consumer Product SiCepat Ekspres

    “Saat ini divisi tim IT juga sudah menggunakan texted-nya react native dengan suatu coding yang sama agar bisa nge-produce melalui dua platform yang berbeda. Tapi dari segi fitur dan flow tidak ada perubahan yang signifikan masih sama dari aplikasi SiCepat yang sebelumnya,” kata Dimas

    Dalam mengembangkan Super Apps dengan berbagai fitur andalan, tentu bukan hal yang mudah bagi divisi IT SiCepat Ekspres. Salah satunya dalam menentukan target market untuk segmen Business to Business (B2B) atau Business to Consumer (B2C).  Melalui proses yang panjang dan cukup rumit, akhirnya terpilih Super Apps ditargetkan untuk kalangan Business to Consumer (B2C).

    Pemilihan target market hingga perilisan Super Apps juga melibatkan beberapa divisi lainnya seperti divisi Business, Engineering, hingga seluruh stakeholders dengan melakukan internal testing kepada karyawan SiCepat Ekspres. Hal ini bertujuan agar semua goals serta flow bisa sesuai rencana awal yang telah dilakukan oleh divisi IT SiCepat Ekspres.

    Tim IT Consumer Product SiCepat Ekspres

    Berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh Super Apps ini bermula dari keluhan-keluhan yang disampaikan oleh pengguna dalam memakai Super Apps SiCepat. Hingga akhirnya divisi IT SiCepat pun langsung melakukan analisa hingga meriset fitur apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna melalui Super Apps ini.

    Eva Nurmawati selaku Manager IT Core Product SiCepat Ekspres

    Kemudian divisi IT berinisiatif untuk menghadirkan fitur request pick up hingga menambahkan metode pembayaran melalui e-wallet dalam aplikasi. Tidak sampai di sini, setelah Super Apps resmi lauching bersama divisi UX Researcher, setelahnya kembali melakukan riset dan testimoni untuk mendapatkan respon dari pengguna setelah Super Apps SiCepat ini rilis.

    Eva Nurmawati, Manager IT Core Product SiCepat Ekspres menambahkan unique selling point yang ingin disampaikan melalui Super Apps yaitu dengan menghadirkan berbagai fitur serta produk yang menjadi pembeda dengan kompetitor. Sehingga para pengguna yang memanfaatkan Super Apps bisa menunjang segala aktivitas kesehariannya melalui fitur-fitur yang disediakan.

    Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan SiCepat melalui SuperApps pun cukup memfasilitasi para pengguna misalkan melalui fitur cek ongkir dan resi, track pengiriman dari marketplace, dan lainnya.

    Ke depannya, divisi IT SiCepat juga berencana untuk menambahkan fitur Instant Delivery dan beberapa fitur menarik lainnya, sehingga para pengguna bisa mengirimkan secara instan melalui aplikasi. Tujuan dari penambahan fitur yakni agar para pengguna bisa terbantu dan lebih nyaman saat memanfaatkan Super Apps SiCepat dan bisa digunakan seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

    Baca juga: Kirim Paket Hemat dengan Voucher Gratis Ongkir dari Aplikasi SiCepat Super Apps

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here