Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bingung Liburan? Ini Dia 4 Referensi Liburan dari Kalender Wisata 2019!

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Untuk kamu yang butuh liburan akhir tahun untuk menyambut tahun baru dengan suasana spesial, kami punya beberapa rekomendasi wisata yang patut dicoba. Tak hanya mengunjungi tempat dengan pesona wisata yang indah, kamu juga bisa menikmati berbagai rangkaian event wisata yang telah dirangkum dalam Kalender Pariwisata 2019 oleh Kementerian Pariwisata. Apa saja ya kira-kira? Yuk simak beberapa rekomendasi berikut!

Festival Iraw Tengkayu – Tarakan, Kalimantan Utara

Festival Iraw Tangkayu di Kalimantan Utara (sumber: festivalindonesia.id)

Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional yang diadakan oleh masyarakat suku Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara. Festival ini berupa upacara ritual menghanyutkan sesaji ke laut. Festival Iraw Tengkayu biasanya dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dan bertepatan dengan hari jadi Kota Tarakan. Festival ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba untuk masyarakat dan wisatawan. Tak hanya bisa menikmati keindahan alam dan laut Tarakan, kamu juga bisa menikmati kebudayaan khas suku Tidung dengan segala kearifan lokalnya. Rangakaian acara Festival Iraw Tengkayu ini akan berlangsung selama 1-30 Desember 2019.

Pesona Budaya Minangkabau

festival Budaya Minangkabau di Sumatera Barat (sumber: travelingyuk.com)

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kebudayaan Minang, bisa banget nih merencanakan liburan singkat ke Sumatera Barat di tanggal 4-7 Desember 2019. Pasalnya di hari tersebut, masyarakat Minang akan menggelar sebuah festival budaya besar-besaran yakni Pesona Budaya Minangkabau yang akan berlangsung di Batusangkar. Kamu akan disuguhkan berbagai atraksi seni khas suku Minangkabau diantaranya seperti  pameran matrilineal, pacu kudo, pacu jawi, pertunjukan tari kolosal, karnaval, pemutaran film Minangkabau lewat bioskop keliling dan Pagaruyung Expo. Seru bukan?

Batam International Culture Carnival

Batam International Culture Carnival di Batam (sumber: tribunnews)

Selain terkenal sebagai kota perbatasan Indonesia dengan Singarpura, Batam juga dikenal dengan pesona budaya dari masyarakat multi-etnisnya. Bagi kamu yang berencana berlibur ke Batam pada bulan Desember nanti, Batam International Culture Carnival bisa menjadi alternatif liburan akhir tahun bagi kamu penikmat wisata budaya. Rangkaian acara ini akan berlangsung pada 7-8 Desember 2019 mendatang. Karnaval ini akan menyuguhkan beberapa atraksi budaya yang menarik diantaranya parade busana yang dimeriahkan oleh sekitar 500 kostum di sepanjang jalan Imam Bonjol, Batam. Lewat parade ini, kamu bisa melihat segala kearifan lokal masyarakat Batam yang menampilkan kostum unik dengan berbagai tema seperti di parade yang ada di Rio De Janeiro, Brazil.

Festival Budaya Cirebon

Festival Budaya Cirebon (sumber: Adira)

Untuk menutup tahun 2019, Festival Budaya Cirebon hadir sebagai alternatif liburan yang layak kamu coba. Dalam festival ini, kamu bisa menikmati berbagai atraksi budaya khas Cirebon seperti Pawai Budaya di pusat kota. Rangkaian festival ini akan berlangsung pada 28 Desember 2019 mendatang. Tak perlu berlibur jauh ke luar pulau, Cirebon juga bisa menyajikan hiburan berupa kearifan lokal dan budayanya yang bisa menutup 2019 dengan manis.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel