Friday, July 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Cara Mengetahui Resi Palsu

    Belanja online di marketplace kini menjadi kebiasaan masyarakat. Segala kebutuhan bisa kamu temukan di marketplace tanpa perlu keluar rumah, apalagi di tengah kondisi pandemi seperti saat ini.

    Namun, tidak selamanya belanja online mengasyikan. Ada saja pihak-pihak yang nakal dan tidak bertanggung jawab untuk menguntungkan diri sendiri dengan melakukan penipuan online.

    Modus penipuan online salah satunya bisa dilakukan dengan berpura-pura menjadi penjual terpercaya dan memberikan resi palsu untuk pembeli. Resi palsu adalah kombinasi angka yang dibuat secara acak oleh penjual nakal untuk memberikan kesan seolah-olah barang yang kamu pesan sudah dikirimkan padahal tidak ada barang yang dikirimkan sama sekali.

    Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi resi palsu dari marketplace agar kamu bisa mengatasi penipuan ini jika sampai terjadi.

    Lakukan pengecekan ulang

    Sebelum berprasangka buruk terhadap seller terkait resi palsu, ada baiknya kamu melakukan pengecekan ulang dengan mengakses website jasa pengiriman. Jika kamu memilih jasa pengiriman SiCepat Ekspres, kamu bisa cek melalui www.sicepat.com atau melalui aplikasi SiCepat Ekspres yang bisa kamu dapatkan di Play Store maupun App Store. Di sini, kamu bisa menemukan fitur untuk melacak keabsahan resi sebagai standar layanan SiCepat.

    Baca juga: Kirim Paket Makin Murah Pakai SiCepat

    Setelah cek ulang nomor resi tetapi kamu belum menemukannya, tenang dulu. Ada beberapa proses yang dilakukan jasa pengiriman untuk mendata setiap barang yang masuk ke gudang beserta nomor resinya, baru resi dapat dimasukan ke website jasa pengiriman. Jika kamu benar-benar baru saja melakukan pembelian dan mendapatkan nomor resi, kemudian langsung melakukan pengecekan resi, wajar saja apabila nomor resi kamu belum ditemukan.

    Berikanlah waktu 1×24 jam untuk menunggu resi di-input ke sistem. Jika lebih dari 24 jam, tetapi status resi masih belum valid, kamu bisa menunggu 1-2 hari ke depan. Namun, jika kamu menggunakan jasa SiCepat Ekspres, hal ini hampir tidak mungkin terjadi karena SiCepat Ekspres mengutamakan kecepatan layanan. Dengan menggunakan layanan reguler saja, paket kamu akan sampai dalam waktu 8 jam, seperti layanan sameday. Jadi, kecil kemungkinannya apabila resi tidak terdaftar hingga lebih dari 24 jam.

    Ilustrasi belanja online (Photo by Anete Lusina from Pexels)

    Menghubungi penjual

    Cobalah tetap berpikir positif, bahwa seller juga manusia dan bisa saja melakukan kelalaian atau kesalahan. Apalagi jika kamu belanja online di toko yang terkenal ramai dengan ratusan pesanan setiap harinya.

    Kesalahan bisa saja terjadi dan kebetulan menimpamu. Kamu bisa menghubungi kembali penjual jika dua hal berikut ini terjadi!

    1. Apabila sudah lewat dari 1×24 jam resi yang kamu miliki masih belum terlacak, hal ini bisa terjadi karena kamu memilih barang di toko dropship, bukan di toko online langsung. Toko dengan sistem dropship hanya menjual barang, sedangkan pengemasan dan pengiriman barang dilakukan oleh toko online yang lebih besar. Biasanya, toko dropship akan memberikan nomor resi ‘sementara’ terlebih dahulu agar pembelian tidak dianggap gagal meskipun barang sudah dikirimkan oleh toko online yang lebih besar. Selanjutnya, toko online yang lebih besar akan memberikan nomor resi yang sebenarnya kepada toko dropship, kemudian toko dropship baru mengganti nomor resi kamu.
    2. Hubungi penjual jika setelah melakukan pengecekan resi terdapat kesalahan pengiriman. Misalnya, resi tersebut harusnya untuk pengiriman atas nama A di Surabaya, tetapi ketika dicek, malah muncul nama B di Jakarta. Kasus seperti ini bisa saja terjadi karena kelalaian penjual dalam memberikan data pembelian. Hubungi penjual segera agar bisa ditangani dengan cepat.

    Melaporkan seller kepada marketplace terkait

    Jika kedua hal tersebut sudah kamu lakukan, namun nomor resi tetap bermasalah, pesanan tidak datang, dan keluhan terhadap toko online tidak ditanggapi sama sekali, mungkiin kali ini kamu benar-benar ditipu. Langkah utama yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi marketplace dan ajukan pengaduan.

    Beberapa marketplace biasanya tidak langsung memberikan dana dari pembeli ke penjual begitu saja. Jika kamu segera melaporkannya, tentu kamu bisa mencegah si penipu mendapatkan yang ia mau.

    Itulah cara cek resi palsu dan mengatasi penipuan yang dilakukan penjual nakal di marketplace. Semoga aktivitas online shopping-mu semakin nyaman dan paket tetap sampai tepat waktu dengan layanan SiCepat Ekspres. Bayar reguler berasa sameday!

    Baca juga: Pakai SiCepat, Bayar Reguler Berasa Sameday

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here