Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    Cara Merawat Sepeda Motor Agar Selalu Prima

    Setiap orang pasti ingin sepeda motornya selalu dalam kondisi yang prima. Sebab, sekarang ini motor itu sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk menemani aktivitas sehari-hari terutama untuk bagian operasional motor yang dipakai sigesit tentu harus prima agar proses pick-up dan pengiriman tetap lancar. Apakah merawat sepeda itu melulu harus kebengkel? Ah tidak juga, berikut tips merawat motor yang berhasil redaksi rangkum buat kalian.

    CUCI MOTOR KAMU SEMINGGU SEKALI

    Sepeda motor adalah cerminan dari pemiliknya. Apabila motornya kinclong, bersih, dan ganteng, biasanya pemiliknya juga demikian. Saat Anda membersihkan sepeda motor, Anda akan mengetahui apakah kekencangan rantainya perlu disetel, apakah kampas remnya perlu diganti atau apakah level ketinggian oli Anda sedikit rendah. Jangan malas untuk mencuci motor kesayangan apalagi dipakai untuk kerja, kalo bisa seminggu sekali cuci sendiri, kalo lagi nanggung bisa ke tempat cuci motor kok.

    OLI MESIN

    Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen di dalam mesin agar tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebih awet. Biasanya ada hitungannya loh untuk mengganti oli mesin ini, bisa setiap 2000km atau dua bulan sekali. Tergantung hitungan mana yang mau kalian pilih.  Tapi yang perlu ditekankan, jika motor kamu sering dipakai setiap hari terutama untuk pengantaran dan pick-up barang, lebih baik satu bulan sekali ya. Selain meminimalisir oli yang berkurang karena sering dipakai, juga dapat mempengaruhi performa motor.

    BATERAI

    Motor saat ini sudah mangadopsi sistem injeksi, fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan mulai dari kontrol bahan bakar, pengapian dan lainnya. Lalu bagaimana cara mengeceknya? Nah kalian dapat mengecek sendiri dengan membeli aksesoris tambahan yang biasa disebut “voltmeter aki motor” harganya bervariatif dan terjangkau dan mudah dipasang.

    Ingat ya, angka voltmeter aki yang masih bagus ada dikisaran 12volt (sebelum motor menyala), dan 13-15volt ketika motor menyala. Jika ada yang kurang atau lebih, perlu dicek apakah aki dalam keadaan ‘tekor’ atau ‘tidak normal’.

    BAN

    Pengecekan selanjutnya yang kalah pentingnya, yaitu tekanan udara pada ban. Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat, tetapi jika terlalu tinggi akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras. Setiap motor mempunyai informasi tekanan ban sendiri, nah perlu kalian perhatikan juga yah.

    SERVIS RUTIN DAN GANTI SPAREPART

    Servis rutin dibengkel yang terpecaya dan handal itu penting untuk merawat kondisi motor agar selalu prima. Biasanya ketika kalian servis rutin, teknisi bengkel akan melihat sparepart apa saja yang perlu dirawat dan diganti seperti, kampas rem tromol/cakram, oli mesin, oli gearbox, kondisi rantai, kelistrikan, suspensi, rantai roda atau van belt pada motor matic, filter motor dan masih banyak lagi.

    Jika kamu tidak pernah melakukan perawatan, dan tidak pernah servis rutin, sekalinya servis eh semua sparepart minta ganti. Pasti merogoh kocek dalem banget buat kalian?

    Yang perlu kalian ketahui, semua sparepart ada umurnya loh, seperti kampas rem yang bisa dipakai sampai 2000km setelah itu kondisinya tidak optimal dan mempengaruhi kinerja motor dalam pengereman, atau paling sederhana kampas rem akan memakan piringan rem cakram dan bisa patah (pengalaman temen nih).

    Kok mesti servis rutin, bukannya kita sudah merawat motor dengan baik?

    Jawabannya, betul. Karena ada banyak sparepart yang tidak bisa kamu control atau mesti bongkar dalam mesin sendirian bukan? Seperti Van Belt motor matic yang optimal digunakan sampai 20.000km, tapi bagaimana jika gearbox didalam berdebu, atau Roller CVT yang sudah berbentuk kotak? Tentu mempengaruhi performa motor.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here