Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeOtomotif TeknologiOtomotifCek Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik dengan Mobil...

    Cek Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik dengan Mobil Pribadi

    Di tahun 2022, pemerintah mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran. Bagi kamu yang akan mudik dengan mobil pribadi, tentu harus melakukan berbagai persiapan. 

    Saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik, para pengendara mobil berpotensi mengalami sejumlah persoalan teknik. Namun hal ini bisa diminimalisir dengan sejumlah persiapan yang matang. Berikut cara buat kamu mengecek beberapa komponen penting pada mobil sebelum mudik.

    1. Mesin
    Photo by Tim Mossholder from Unsplash

    Biasanya proses umum saat mengecek mesin mobil yaitu dengan melakukan tune up standar. Kamu bisa minta mekanik bengkel untuk membersihkan mesin, menyetel ulang klep, busi, serta mengganti oli. Lalu saluran bahan bakar ke ruang bakar juga harus diperiksa, terutama bila ring piston suda ada gejala haus, agar segera diganti. Selain itu, bila perlu busi diganti agar pengapian makin sempurna.

    1. Air Radiator
    Photo by Drazen Zigic from Freepik

    Periksa kondisi air radiator pada mobil. Jika perlu kuras radiator dan ganti dengan yang baru, serta tambah dengan cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal.

    1. Rem dan Kaki
    Photo by Lex Ger from Pexels

    Peran kaki-kaki dalam menopang mobil saat melakukan perjalanan jauh sangat vital. Maka dari itu, periksa komponen kaki-kaki mulai dari pelek, rantai dan gir, ban, hingga bearing roda. Kampas rem biasanya tidak harus selalu diganti dengan yang baru. Cukup dibersihkan dari kotoran dan dipastikan ketebalannya masih layak pakai. Tapi jika dirasa sudah tidak nyaman sebaiknya segera ganti yang baru.

    Baca juga: Ban Tanpa Udara VS Ban Angin Konvensional

    1. Ban
    Photo by Mike from Pexels

    Ban yang kondisinya sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram terhadap jalan. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya apalagi jika berkendara dalam kendaraan hujan. Cukup mudah untuk  memeriksa kelayakan sebuah ban, kamu bisa melihat apakah ada retak dalam permukaan ban. Retakan ini ditimbulkan dari permukaan karet ban yang sudah lentur dengan compound ban mulai berkurang. Kondisi ban seperti ini jika tetap dipaksakan berjalan akan berpotensi mengalami pecah ban. Segera beli ban baru jika kondisinya sudah seperti ini.

    1. Lampu

    Meski terlihat sepele, lampu utama maupun lampu sein mempunyai fungsi penting saat di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistirkannya, terutama pada bagian sambungan kabel, kondisi keseluruhannya, serta bohlamnya.

    1. Wiper
    Photo by Jcomp from Freepik

    Cek juga wiper agar tidak bermasalah ngadat saat hujan turun. Jika karet wiper sudah jelek, jangan ragu untuk menggantinya. Jangan lupa mengisi cairan wiper sampai batas yang direkomendasikan.

    1. Kelengkapan lainnya
    Photo by Bas Peperzak from Unsplash

    Jika kondisi mobil sudah oke, kini saatnya periksa kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan alat lain untuk mengganti ban lengkap di bagasi. Bawa juga peralatan P3K serta segitiga pengaman, Selain itu jangan lupa membawa surat-surat kendaraan dan SIM, serta pastikan masih berlaku saat mudik.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Untuk Para Pemula

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments