Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cerita Office Boy SiCepat Ekspres

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peran office boy/girl dalam sebuah perusahaan sangatlah penting. Meski sering dianggap sepele, ternyata peran dan fungsi yang dijalankan oleh office boy/girl justru sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Pekerjaan satu ini bisa dibilang membutuhkan seseorang yang multi-talenta. Sebab, seorang office boy/girl seringkali melakukan berbagai pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. 

Pentingnya peranan yang dimiliki office boy/girl ini juga dirasakan oleh SiCepat Ekspres. Berada dibawah Departemen General Affair (GA), saat ini SiCepat memiliki 25 orang office boy/girl yang bertugas menjalankan perannya. 4 orang diantaranya merupakan karyawan SiCepat, sedangkan 21 orang lainnya merupakan tenaga kerja outsourcing. Office boy/girl ini menjalankan tugas dan fungsinya di Kantor Pusat SiCepat Ekspres yang berlokasi di kawasan Juanda, Jakarta Pusat, dan beberapa kantor cabang SiCepat yang berlokasi di Batu Ceper dan Daan Mogot. 

Secara umum, seorang office boy/girl ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang meliputi kebersihan dan pelayanan. Namun, kebersihan lebih difokuskan untuk para office girl, khususnya di area toilet. Untuk tugas dan fungsi pelayanan, para office boy dan office girl fokus membantu kebutuhan para karyawan. 

Menurut Ronald Waluyo selaku tim leader office boy/girl SiCepat, tugas yang diampu mereka cukup kompleks. Bekerja mulai dari pukul 07.00-16.00 WIB, berbagai pekerjaan harus dilakukan sesuai dengan jobdesc yang telah disepakati.

“Kami harus stand by sejak jam setengah 7 pagi untuk mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Setelah itu membersihkan setiap sudut ruangan, meja kerja, mengepel lantai, dan membersihkan toilet hingga pukul 9 pagi. Jika sudah selesai, kemudian kami melakukan pembersihan di area luar ruangan seperti tangga. Kegiatan bersih-bersih tersebut dilakukan hingga jam makan siang. Setelah makan siang, tugas kami adalah mencuci peralatan makan yang sudah digunakan.” Ujar Ronald. 

Khusus untuk kebersihan toilet, tim office boy/girl memantaunya setiap lima belas menit sekali. Jika dirasa sudah kotor, maka harus segera dibersihkan. Selain melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan kebersihan, para office boy/girl ini juga membantu beberapa kebutuhan para karyawan seperti fotocopy dan mengantarkan barang atau dokumen. Ringkasnya, seorang office boy/girl ini harus siap sedia untuk membantu pekerjaan karyawan lainnya. 

Tak hanya bekerja dari pukul 07.00-16.00 WIB saja, para office boy/girl juga seringkali dituntut untuk bekerja over time. Tidak bisa pulang tepat waktu, mereka harus menunggu para karyawan lainnya pulang dan meninggalkan kantor lebih dulu untuk melanjutkan pekerjaannya, yakni membersihkan dan merapikan kembali setiap sudut ruangan.

Terlebih di situasi pandemi covid-19 seperti ini, dimana kebersihan menjadi fokus utama yang harus selalu diperhatikan. SiCepat Ekspres telah melakukan berbagai protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran virus di area kantor dengan melakukan penyemprotan disinfektan. Tugas ini dilakukan oleh para office boy/girl. 

Ronald menjelaskan, “Semenjak adanya covid-19 ini, kami sangat mengutamakan kebersihan. Toilet dibersihkan setiap 15 menit sekali. Saat mengelap meja dan mengepel lantai pun, kami menambahkan cairan alkohol untuk membunuh kuman dan virus. Handle pintu, pegangan tangga dan tempat-tempat yang sering disentuh dengan tangan harus disemprot dengan disinfektan sesering mungkin. Nggak sampai situ saja, setelah jam kerja selesai, kami juga sering lembur dengan sistem shifting. Setelah kantor kosong di sore hari, kami mulai menyemprotkan disinfektan ke seluruh sudut ruangan untuk menjamin kebersihannya,”

Merupakan perkejaan yang membutuhkan banyak keahlian dan sering bekerja over time ini membuat para office boy/girl dituntut untuk memiliki kesabaran yang luar biasa. Karena itu, suasana dan lingkungan kerja yang baik menjadi faktor yang sangat dibutuhkan oleh para office boy/girl untuk bisa bekerja dengan baik. 

“Sejauh ini, suasana dan lingkungan kerja di SiCepat Ekspres sangat positif dan menyenangkan. Hal ini membuat kami merasa senang saat menjalankan tugas seperti bersih-bersih dan juga membantu kebutuhan karyawan. Karyawan juga tidak segan untuk sekedar menyapa saat berpapasan. Suasana kekeluargaan ini yang membuat saya betah dan enjoy menjalani pekerjaan sebagai office boy di SiCepat”, jelas Ronal.

Menurut Ronal, saling menghargai pekerjaan satu sama lain menjadi faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Sebab, semuanya saling membutuhkan satu sama lain. Tak perlu melihat jabatan, setiap karyawan tentu memiliki tujuan yang sama untuk memajukan perusahaan. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel