Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Cerita Syifa dan Richardo, Menekuni Hobi Corat-Coret Sekaligus Bekerja

    Punya hobi keren seperti menggambar? jangan hanya dipendam saja ya guys. Kamu bisa memanfaatkan hobimu itu sehingga bisa menghasilkan suatu peluang yang menjanjikan loh!

    Memilih pekerjaan yang sesuai dengan hobi tentunya tidak akan merasa harus mengerjakannya. Selain itu, bekerja juga akan merasa lebih menikmati karena melakukan hal yang disukai.

    Nah, hal inilah yang dirasakan oleh Syifa Fauziah Nurvita Isnaeni dan Richardo Hamonangan Reford Silitonga, yang akan membagikan ceritanya tentang hobi menggambar di rubrik Hobi dan Komunitas Majalah SiGesit edisi bulan Juli ini.

    Senang membaca komik saat SD, menjadi awal Syifa tertarik menyukai hobi menggambar dengan membuat cerita pendek kala itu. Biasanya Ia menggambar ketika mulai jenuh dengan pelajaran sekolah dan berkreasi untuk membuat gambar tanpa ada batasan.

    Hasil gambar Syifa.

    Di samping itu, Ia juga memiliki banyak teman yang menyukai hobi menggambar dan semakin membuatnya bersemangat untuk terus mengasah kemampuannya.

    Lalu untuk inspirasi saat menggambar, Syifa mengatakan bahwa hal itu bisa datang dari mana saja. Misalnya ketika sedang bepergian, terkadang bisa saja menemukan hal yang menarik saat gambar.

    Menurutnya, menggambar merupakan suatu kebebasan untuk berekspresi dengan gaya, imajinasi, dan kreativitas masing-masing personal. Terkait style dalam menggambar, Syifa lebih menyukai ilustrasi manga dam buku anak. 

    “Bagi aku, hobi menggambar ini bisa jadi wadah aku untuk terus menyalurkan hobi sekaligus mengasah skill ya. Apalagi kalo gambar kan nggak ada batasan dan aku bisa menggambar sesuai dengan kreativitas aku,” kata Syifa.

    Dalam proses menggambar biasanya tahapan yang Ia lakukan adalah menentukan objek apa yang akan digambar dan mencari referensi melalui internet. Selanjutnya membuat sketsa kasar, lalu masuk ke tahap line art agar lebih bagus saat diwarnai.

    Baca juga: Iseng Geluti Hobi, Thrift Shop Kini Jadi Cuan

    Syifa Fauziah Nurvita Isnaeni.

    Pada proses mewarnai, Ia membutuhkan waktu yang cukup lama karena terbagi menjadi empat tahap seperti base colour, shading, texturing, dan highlight. Lalu pada proses akhir, Syifa menambahkan watermark untuk menghindari plagiarism.

    Terkait hobinya ini, Syifa mengaku sempat membuka jasa gambar ilustrasi karakter. Namun kini Ia lebih fokus untuk menjadikannya hobi sekaligus bekerja sebagai staff desain kreatif SiCepat. Selain itu, Syifa juga terus bereksperimen salah satunya berkeinginan bisa membuat Webtoon yang bisa dibaca secara umum.

    Sementara itu, terkait hobi menggambar Richardo memanfaatkan hobinya untuk menambah penghasilan dengan membuka jasa ilustrasi anak dan painting style anime. Ia membuka jasa menggambar ini melalui platform Fivver bernama @richardo2 serta Instagram @richard_Elthia.

    Ketika menggambar, biasanya Richardo mencari inspirasi melalui internet seperti Instagram dan Pinterest, dan juga ketika melihat karakter animasi game Genshin Impact. 

    Hasil gambar Richardo.

    Ketertarikannya dalam dunia gambar, bermula ketika waktu SD ada tes menggambar pemandangan dan Ia mendapatkan nilai yang tinggi. Setelah itu, Richardo pun mulai tertarik untuk menggambar ketika waktu luang. Hingga akhirnya Ia mendalami hobinya dalam menggambar dengan mengambil jurusan desain komunikasi visual (DKV).

    Di sisi lain, hobi menggambar membuat Richardo menjadi lebih peka terhadap lingkungan atau objek yang dikerjakan. Tidak hanya itu, saat menggambar pun dibutuhkan ketelitian, kesabaran, dan rajin menggambar agar skill dapat terus berkembang.

    Richardo Hamonangan Reford Silitonga.

    Berprofesi sebagai staff desain Sahabat SiCepat, membuat Richardo harus peka terhadap komposisi dan warna yang diperlukan dalam membuat layout postingan. Sebagai contoh ketika Ia harus menggambar karakter SiGesit sebagai aset ilustrasi milik perusahaan. 

    “Sejauh ini memang masih terus mengasah skill gambar untuk mencari style yang emang cocok sama diri sendiri. Apalagi kadang style dalam menggambar tuh masih sering berubah-ubah. Jadi ya memang harus rutin dan rajin agar bisa lebih berkembang dan bisa nemuin ciri khas dari style gambarnya,” ungkapnya.

    Baca juga: Cerita Nikko Soetjoadi Ubah Hobi Main Game Menjadi Peluang Berkarier

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here