Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cobain Bikin Kopi Viral Korea: Dalgona Coffee

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Setelah tren minuman viral boba beberapa waktu lalu, kini muncul lagi satu tren minuman baru yang juga viral di kalangan masyarakat Indonesia, yakni dalgona coffee. Dalgona coffee adalah sebuah minuman kekinian yang terbuat dari campuran kopi, gula, dan susu, sangat mirip dengan racikan kopi susu pada umumnya. Yang berbeda hanya dari segi tampilan dan penyajiannya saja.

Dalgona coffee ini awalnya populer di Korea Selatan karena tampilannya yang unik. Jika melihat dari namanya, dalgona adalah sebutan jajanan tradisional Korea yang tebuat dari gula, mirip seperti gulali di Indonesia. Namun uniknya, dalgona coffee ini justru tidak mengandung dalgona asli alias permen gulali. Dalgona coffee ini merupakan resep minuman kekinian Korea Selatan yang meracik kopi dengan susu dan gula.

Jika kopi susu biasanya mencampurkan racikan kopi, gula, dan susu apa adanya, dalgona coffee ini agak sedikit berbeda. Racikan kopi yang ada di dalgona coffee ini berbentuk foam lembut yang membuatnya tidak menyatu dengan susu. Sehingga secara tampilan, dalgona coffee jauh lebih menarik dari kopi susu biasa. Nah, karena karena racikan kopi dan gula ini dikocok hingga menjadi foam, warna dari kopi akan berubah menjadi coklat. Warna coklat inilah yang identic dengan warna dalgona atau permen gulali asal Korea. Maka dari itu, minuman kopi ini disebut dengan sebutan Dalgona Coffee.

Karena semakin viral dan dipopulerkan oleh berbagai artis dan idola asal Korea Selatan, racikan minuman dalgona coffee ini pun sempat menjadi trending di media sosial. Banyak orang berlomba-lomba membuat dalgona coffee dan mengunggah hasil buatannya ke media sosial. Dengan bahan yang cukup mudah didapat, dalgona coffee memang cocok diminum untuk teman bersantai dan bekerja.

Penasaran dengan rasanya? Membuat dalgona coffee cukup mudah kok! Begini caranya:

  • Siapkan kopi tanpa ampas, gula, dan air dengan perbandingan 1 : 1 : 1

(jika kopi yang kamu gunakan adalah satu sendok makan, maka gula dan airnya juga memiliki takaran yang sama yakni satu sendok makan. Namun jika kamu menginginkan rasa yang lebih manis, kamu bisa tambahkan takaran gula, dengan mengurangi sedikit takaran airnya. Hal ini karena gula akan mencair ketika dikocok.)

  • Campurkan ketiga bahan (kopi, gula, dan air) jadi satu, kemudian kocok dengan menggunakan mixer, hand mixer, atau whisker. Kocok hingga berubah warna menjadi coklat muda dan teksturnya seperti foam.

(lamanya mengocok ini sangat ditentukan oleh alat yang kamu gunakan. Jika menggunakan mixer, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 1-2 menit saja. Jika menggunakan hand mixer bisa membutuhkan waktu 3-5 menit, sedangkan jika menggunakan whisker atau sendok secara manual bisa menghabiskan waktu hingga 15 menit)

  • Jika sudah menjadi foam, tuangkan susu dan es ke gelas. Kemudian taruhlah foam dalgona coffee diatas susu sesuai dengan keinginan kamu. Jika kamu menyukai citarasa khas kopi yang kuat, kamu boleh menaruh foam dalgona dengan takaran lebih banyak ketimbang susu. Namun jika tidak, kamu bisa menaruh takaran foam dalgona coffee lebih sedikit sehingga rasa kopinya tidak terlalu kuat.

Sangat mudah kan membuatnya? Karena kandungan kopi dan gulanya cukup banyak, disarankan kamu tidak terlalu sering mengonsumsi dalgona coffee ya! Selamat mencoba!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel