Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeSekilas InfoEfek Corona, Tren Belanja Produk di E-Commerce Berubah Saat...

    Efek Corona, Tren Belanja Produk di E-Commerce Berubah Saat Ramadan Hingga Lebaran

    Akibat dari kondisi pandemic covid-19 yang sedang dialami oleh masyarakat Indonesia, kegiatan belanja online justru semakin menunjukkan peningkatan. Hal ini didukung dengan adanya berbagai peraturan yang membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah.

    Karena hal ini, beberapa perusahaan marketplace memperkirakan, tren belanja saat bulan Ramadan kali ini akan mengalami perubahan sebagai akibat dari adanya pandemic corona. Jika biasanya tren belanja online dipenuhi dengan barang-barang fashion seperti pakaian, kini ada empat produk yang penjualannya diprediksi akan meningkat selama bulan Ramadan.

    Dilansir dari katadata.com, keempat produk tersebut adalah produk-produk yang terkait dengan kesehatan, keperluan rumah tangga, hobi, serta makanan dan minuman. Beberapa dari produk-produk dari kategori tersebut bahkan sudah mengalami peningkatan sebelum bulan Ramadan tiba.

    Perubahan tren belanja online ini sendiri telah diakui oleh beberapa platform marketplace Tanah Air. Beberapa produk rumah tangga seperti makanan dan bahan poko, alat perlengkapan kantor, serta perlengkapan rumah mengalami peningkatan yang signifikan. Produk-produk seputar hobi, gim, dan alat pendukung bekerja dari rumah juga melonjak naik.

    Jika biasanya bulan Ramadan didominasi dengan barang-barang fashion seperti baju muslim, mukena, baju koko, bulan Ramadan kali ini sangat jauh berbeda. Di awal masa pandemic, produk kesehatan seperti hand-sanitizer dan masker juga menduduki peringkat atas sebagai produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat.

    Hal ini tidak lain disebabkan oleh berbagai pembatasan aktivitas masyarakat diluar rumah. Masyarakat berusaha mematuhi peraturan tersebut untuk menghindari potensi penularan virus. Karena dalam beberapa waktu ke depan, situasi masih diprediksi masih sama. Sehingga =, masyarakat cenderung membutuhkan produk-produk yang bisa menunjang pekerjaannya yang dilakukan di rumah dan juga produk penyalur hobi untuk menghilangkan rasa bosan karena telah lama beraktivitas di dalam rumah saja.

    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments