Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Filter Instagram Sedang Booming, Bagaimana Cara Membuatnya?

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Instagram nampaknya masih menjadi platform media sosial yang digandrungi oleh masyarakat dunia. Terlebih dengan hadirnya berbagai macam fitur baru yang cukup menghibur bagi para penggunanya. Kini, Instagram tak hanya digunakan untuk sekedar mengunggah foto dan video ke feed saja, melainkan menjadi wadah ekspresi diri dengan adanya fitur story.

Dalam fitur story pun, kini pengguna instagram bisa melakukan banyak hal menarik dari mulai sharing kegiatan hingga bermain quiz atau memainkan berbagai macam filter AR kocak yang menghibur. Pengguna instagram juga kini bisa membuat filter AR tersebut sendiri menggunakan sebuah tools yang telah disediakan oleh Facebook, perusahaan yang mengembangkan instagram yang dinamakan dengan aplikasi Spark AR Studio.

Spark AR Studio merupakan sebuah aplikasi khusus yang dikembangkan oleh Facebook untuk memaksimalkan fitur AR yang sedang dikembangkan oleh Instagram sehingga pengguna bisa secra langsung merasakan dan membuat sendiri filter Augmented Reality (AR) di instagramnya. Menariknya, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui perangkat PC/laptop oleh para pengguna yang ingin membuat filter instagram storiesnya sendiri.

Nah, untuk mempermudah kamu membuat filter instagram stories yang sedang booming ini, Redaksi Majalah SiGesit akan memberi tutorial dan cara mudah nih untukmu. Yuk disimak!

  1. Pertama, kamu harus mengunduh aplikasi Spark AR Studio lebih dulu di PC/laptop. Kemudian login ke facebook yang telah terhubung dengan akun instagramu.
  2. Siapkan gambar tanpa latar belakang (background) dalam format PNG
  3. Buka aplikasi Spark AR Studio dan kemudian buatlah projek baru dengan klik “Create Project”
  4. Ketika proyek baru dibuat, kamu akan menemui bagian Scene yang terletak di sebelah kiri. Pilih opsi Add Object. Kemudian lanjutkan dengan memilih fitur Face Tracker.
  5. Klik Insert, maka kamu akan menemui obyek baru bernama FaceTracker0 di bagian Scene. Klik kanan pada obyek tersebut, lalu pilih opsi Add dan lanjutkan dengan pilih Face Mesh untuk menambah model 3D yang akan merespon wajah, kemudian dilacak oleh Face Tracker.
  6. Selanjutnya kamu dapat menambahkan material berupa gambar PNG yang sudah disiapkan ke dalam Face Mesh. Klik bagian bawah FaceMesh0 yang muncul di bagian Scene. Kemudian bergeser ke bagian Inspector (menu bar yang ada di sebelah kanan).
  7. Di bagian tersebut, carilah menu Material, kemudian klik ikon Plus (+) yang ada di sebelahnya. Otomatis, akan muncul Material0 di bagian Assets (yang berada di bagian bawah scene).
  8. Klik aset tersebut, lalu ganti Shader Type pada bagian Inspector-nya menjadi Face Paint dengan cara klik menu dropdown yang ada di sebelahnya. Lalu, klik tombol Choose File yang ada di bagian samping menu Texture, dan pilihlah gambar yang telah disiapkan.
  9. Terakhir, simpan proyek yang sudah dibuat dan berikan nama yang kamu inginkan. Untuk mencobanya, kamu bisa klik tombol Send (anak panah yang menunjuk ke sebuah kotak), lalu pilih Send to App.
  10. Setelah itu, klik tombol Send pada bagian kamera Instagram dan tunggu sampai prosesnya selesai. Apabila berhasil, maka kamu akan mendapatkan notifikasi dari akun Instagram.
  11. Kamu dapat mengunggahnya juga ke Spark AR Hub untuk merilisnya di Instagram. Apabila efek AR baru memenuhi syarat, maka semua pengguna Instagram dapat mencobanya.

Itulah beberapa langkah yang kamu butuhkan jika ingin berkreasi membuat filter instagram kekinian yang sedang tren di kalangan millennial. Jika terlalu sulit dipahami, kamu bisa pergi ke youtube dan mencari video-video tutorial bagaimana membuat filter instagram dengan cara yang lebih mudah sambal mempraktekannya sendiri dengan perangkat yang kamu miliki. Selamat mencoba ya!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel