Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hal Ini Bisa Terjadi Pada Kendaraan Jika Jarang Digunakan

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dalam kondisi pandemic virus covid-19 yang kini sedang dialami masyarakat Indonesia, physical distancing pun menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mengurangi potensi penularan virus. Dengan penerapan physical distancing ini, masyarakat dihimbau untuk membatasi kegiatannya dan tinggal di rumah saja untuk sementara waktu.

Karena hal itu, masyarakat yang memiliki kendaraan pun mau tidak mau harus lebih memerhatikan kondisi kendaraan. Sebab, kendaraan bisa mengalami beberapa kerusakan yang tidak disadari karena jarang digunakan. Berikut ini 4 masalah yang bisa saja terjadi pada kendaraan kamu karena tidak dirawat dan jarang digunakan:

Berkarat

Sebagian besar kendaraan bermotor terbuat dari bahan dasar besi yang bisa saja berkarat. Jika kendaraan tidak digunakan dalam waktu yang lama dan tidak dirawat, maka sangat mungkin untuk bagian kendaraan ini akan berkarat. Beberapa bagian yang bisa mengalami karatan salah satunya adalah tangki bensin. Lebih parahnya lagi jika kendaraan tersebut dalam kondisi bensin yang kosong. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada fuel pump.

Mesin rusak

Jika tidak digunakan sama sekali, otomatis mesin kendaraan akan berhenti bekerja dan berpotensi mengalami kerusakan. Kemungkinan kerusakan tersebut semakin besar jika mesin kendaraan tak dilindungi pelumas. Karena itu, meski di rumah saja kamu dianjurkan untuk tetap memanaskan kendaraan setiap hari agar mesin kendaraan setidaknya bekerja dan tidak rusak.

Kinerja mesin menurun

Meski di rumah saja, kamu dianjurkan untuk tetap memanaskan kendaraan ya! Hal ini untuk menghindari kemungkinan kinerja mesin menurun. Jika jarang digunakan, kinerja mesin kendaraan tentu akan mengalami penurunan.

Tekanan ban berkurang

Jika kendaraan dibiarkan tidak digunakan dalam waktu yang lama, tekanan udara dalam ban tentunya akan mengalami penuruan. Hal ini membuat ban kendaraan kempes. Lebih buruknya, kondisi ini akan berimbas pada bentuk fisik ban yang tidak lagi sama. Ketika akan digunakan Kembali dan diisi angin, ban cenderung tidak Kembali ke bentuk sempurnanya.
Nah, itulah 4 kerusakan yang bisa saja terjadi pada kendaraan milikmu akibat jarang digunakan. Meskipun kamu sedang berdiam diri di rumah saja, sebagai pemilik kendaraan kamulah yang bertanggung jawab untuk merawat kendaraanmu sendiri. Meski tak digunakan, usahakan tetap membersihkan kendaraan milikmu dan melakukan pemanasan pada mesin agar kendaraan tidak rusak ya!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel