Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    Hati-hati! Kenali 5 Virus Komputer Paling Berbahaya Ini!

    Tak hanya virus penyebab penyakit pada manusia saja yang berbahaya, virus computer juga sama berbahayanya lho! Pasalnya, virus-virus tersebut bisa mengancam dan menyerang sistem computer, menghapus file tanpa pemberitahuan, hingga merusak sistem computer. Lebih parah lagi, beberapa virus computer berbahaya tersebut bisa saja mencuri data pribadi sang pengguna computer untuk disalahgunakan dan menyebabkan kerugian finansial.

    Virus computer sendiri memiliki berbagai macam jenis dan jumlah yang sangat banyak. Dampak yang ditimbulkan dari setiap virus yang menjangkit computer juga berbeda-beda. Untuk itu, perlu bagi kamu, para pengguna computer/laptop untuk mengetahui setikdaknya beberapa virus yang paling berbahaya bagi computer. Ini dia 5 virus computer yang dikenal paling berbahaya dan menimbulkan kerusakan parah pada sistem computer:

    Storm Worm

    Virus ini merupakan jenis virus Trojan Horse yang bisa menginfeksi PC/laptop dan memungkinkan perangkat untuk dikendalikan dari jarak jauh untuk menyebarkan email spam. Virus yang mulai menyebar sejak 2007 lalu ini juga berbahaya karena bisa menginstal rootkit untuk menyembunyikan program jahat di PC yang tidak terdeteksi oleh antivirus.

    ILOVEYOU

    Sama seperti Storm Worm, virus jenis ILOVEYOU ini juga menyebar melalui email spam dan mulai menyebar sejal tahun 2000 lalu. Ketika virus ini telah masuk ke dalam PC, ILOVEYOU bisa mengubah file, mengubah malware lainnya, dan mengganti data pada PC/laptop. Virus yang memiliki nama lain Love Letter ini juga berisikan program VBScript, yang ketika di-klik membuat virus dapat mengakses daftar kontak Outlook korban dan mengirim email sendiri berisikan virus tersebut ke semua orang di dalam kontak.

    MyDoom

    Terdeteksi pertama kali pada tahun 2004, virus MyDoom ini diklaim sebagai virus computer dengan kemampuan penyebaran tercepat. MyDoom dapat memperlambat akses internet dan menyebabkan jutaan email terinfeksi dalam waktu 36 jam pertama. Tak hanya itu, virus komputer ini juga menyebabkan Microsoft Windows mengalami kerugian finansial hingga USD 38,5 miliar. Lebih berbahaya lagi, virus MyDoom ini bisa mencuri data pribadi para pengguna PC/laptop seperti nama email dan domain yang digunakan untuk menyebarkan email spam ke pengguna lainnya dna juga sangat sulit terdeteksi oleh antivirus.

    Black Shades

    Virus ini merupakan jenis ransomware yang mampu mengenkripsi (mengunci file) sehingga memungkinkan mengendalikan PC/laptop dari jarak jauh. Virus ini juga akan memata-matai pengguna lewat webcam mencuri file dan informasi akun, hingga melihat apa yang sedang kamu ketik di PC. Muncul pertama kali sejak 2010, virus ini mengharuskan kamu untuk membayar sejumlah uang agar bisa terbebas dan memulihkan kembali PC-mu.

    WannaCry

    Virus yang satu ini nampaknya sudah tidak asing lagi bagi para ahli IT. Pada tahun 2017 lalu, virus WannaCry ini sukses menghebohkan dunia dengan penyebarannya di ratusan negara, termasuk Indonesia. Berjenis ransomware, WannaCry dapat mengekripsi (mengunci) file pada HDD PC yang membuat perangkat tidak dapat diakses oleh pengguna, yang kemudian menuntut pembayaran tembusan dalam bentuk bitcoin untuk mengembalikan PC ke seperti semula.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here