Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeSerba-serbiTips and TrickIde Packaging Ramah Lingkungan Untuk Olshopmu!

    Ide Packaging Ramah Lingkungan Untuk Olshopmu!

    Packaging menjadi salah satu hal penting bagi kamu yang punya toko online atau online shop. Dengan packaging yang baik, bukan hanya kualitas produk saja yang terlindungi, tapi hal tersebut juga bisa membuat customer memiliki image positif terhadap produk yang kamu jual.

    Belakangan, packaging ramah lingkungan menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Tak lagi menggunakan plastik yang tidak bisa didaur ulang dan mencemari lingkungan, berbagai packaging ramah lingkungan sudah mulai marak digunakan. Berikut beberapa ide packaging ramah lingkungan yang bisa kamu terapkan dan membuat customer semakin senang setelah berbelanja.

    Gunakan kertas untuk membungkus produk

    Untuk kamu yang berjualan barang-barang ringan dan tidak terlalu berat, alternatif penggunaan kertas untuk membungkus produk bisa menjadi pilihan yang tepat. Gunakan kertas untuk membungkus produk jualanmu. Kini, tersedia juga berbagai kertas pembungkus dengan motif beragam yang tentunya bisa mempercantik paket produk olshopmu lho!

    Photo by Karolina Grabowska from Pexels.com

    Ganti plastik bubble wrap dengan karton corrugated

    Bubble wrap memang bisa melindungi paket dari kemungkinan rusak atau pecah. Namun, bahannya yang terbuat dari plastik dan penggunaan yang terlalu sering bisa menambah jumlah sampah plastik di lingkungan kita. Untuk kamu yang ingin menerapkan packaging ramah lingkungan, kamu bisa menggantinya dengan karton corrugated. Karton jenis ini memiliki permukaan bergelombang yang cukup bisa melindungi produk saat proses pengiriman.

    Manfaatkan kertas bekas sebagai filler pelindung

    Selain pilihan menggunakan karton corrugated, kamu juga bisa memanfaatkan kertas bekas untuk membungkus produkmu. Penggunaan kertas bekas ini bisa melindungi produk saat proses pengiriman sehingga tidak rusak atau pecah. Selain lebih mudah dicari dan murah meriah, penggunaan kertas bekas ini juga sangat ramah untuk lingkungan karena bisa didaur ulang.

    Photo by Anete Lusina from Pexels.com

    Gunakan lakban kertas

    Lakban menjadi salah satu kebutuhan utama dalam membungkus paket. karena berfungsi merekatkan, lakban sering digunakan dalam jumlah banyak untuk melindungi paket atau kardus agar tidak terbuka. Namun kadang, penggunaannya sangatlah berlebihan. Bahan lakban yang terbuat dari plastik ini tentu mencemari lingkungan karena tidak bisa digunakan kembali. Untuk menyiasati hal tersebut, gantilah lakban plastik dengan lakban kertas. Lakban kertas ini juga memiliki daya rekat yang cukup kuat lho! kamu bisa merekatkan paket dengan lakban kertas tanpa takut mencemari lingkungan.

    Photo by Ketut Subiyanto from Pexels.com

    Baca juga 5 Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

    Alih-alih plastik, mulailah gunakan kardus

    Gantilah packaging produkmu menggunakan kardus. Selain mempercantik tampilan luar produk jualanmu, menggunakan kardus juga bisa melindungi produk saat proses pengiriman. Tambahkan beberapa ornamen menarik dalam kardus packaging-mu seperti tali rami dan juga kartu ucapan terima kasih agar packaging produkmu semakin spesial!

    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments