Thursday, December 1, 2022
31.4 C
Jakarta
More

    Ingin Laptop Tidak Cepat Rusak? Hindari 5 Hal Ini

    Laptop kini menjadi salah satu barang yang sangat penting, khususnya bagi para pekerja seperti kita. Perangkat ini digunakan untuk membantu kita mengerjakan banyak hal terkait pekerjaan. Tak hanya itu, laptop juga seringkalo digunakan sebagai perangkat ketika kita membutuhkan hiburan, seperti menonton film, dan main game.

    Karena fungsinya yang sangat penting tersebut, penting bagi kita untuk lebih memperhatikan kesehatan laptop yang kita miliki. Laptop merupakan barang elektronik yang bisa saja mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Karena itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kondisi laptop tetap dalam keadaan prima dan tidak cepat rusak. SImak ya!

    Hindari penggunaan laptop terlalu lama

    Menggunakan laptop dalam waktu yang terlalu lama tentunya tidak baik bagi kesehatan mesin laptop. Laptop merupakan barang elektronik yang sangat bergantung pada kesehatan mesin di dalamnya. Jika digunakan terlalu lama, mesin laptop akan mengalami kondisi over-heating karena mesin terus melakukan pekerjaan tanpa beristirahat. Jika memang kamu membutuhkan laptop untuk waktu yang lama, maka berilah jeda setelah 3 jam pemakaian agar mesin bisa beristirahat untuk sementara. Sehingga, laptop tidak mengalami over-heat atau kondisi panas berlebih.

    Hindari meletakkan barang berat di atas layar

    Laptop juga dikategorikan sebagai salah satu perangkat elektronik yang memiliki sifat sensitive. Terlebih, pada bagian layar yang rentan mengalami kerusakan. Karena itu, bagi para pemilik laptop, ada hal-hal yang harus dihindari agar layar laptop tidak cepat rusak. Salah satunya adalah menghindari untuk meletakkan berbagai jenis barang diatas layar laptop ketika dalam kondisi tertutup. Hal ini sangat sulit dilakukan oleh sebagian besar orang, karena salah satu alasan seperti keterbatasan ruang. Sehingga, seringkalo beberapa barang diletakkan di atas laptop. Padahal, hal ini bisa sangat berbahaya lho! LCD pada laptop bisa mengalami keretakan atau bahkan pecah jika kebiasaan ini terus dilakukan. Jika LCD laptop sudah rusak, kamu harus siap merogoh kocek dalam-dalam untuk menyervisnya.

    Hindari meletakkan laptop di atas kasur

    Beberapa orang sangat sering mengabaikan hal ini dan menganggap bahwa meletakkan laptop di atas Kasur tidak akan berdampak apapun pada laptop. Padahal, argument ini salah besar! Untuk kamu yang masih sering mager menggunakan laptop di meja dan lebih sering menggunakannya diatas Kasur tanpa dilapisi alas apapun, hati-hati ya! Karena, kebiasaan ini bisa membuat laptop cepat panas dan menyebabkan kondisi overheat lho! Hal ini dikarenakan lubang udara di bawah laptop tertutup permukaan yang tidak rata dari kasur. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakan alas yang keras untuk mengalasi laptop seperti menggunakan meja kayu atau buku.

    Hindari penumpukan debu pada keyboard laptop

    Kebersihan keyboard juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan biarkan debu tebal menumpuk di sekitar keyboard laptopmu. Hal ini akan mengakibatkan tuts keyboard tidak berfungsi dengan baik dan mengalami kerusakan. Bersihkanlah keyboard dengan rutin menggunakan kuas agar tidak ada debu menempel di sela-sela tuts keyboard sehingga keyboard laptopmu tetap dalam kondisi prima.

    Jangan menunggu isi daya atau charging hingga baterai habis

    Kebiasaan mengecas laptop ketika baterai benar-benar habis bahkan sampai laptop mati ini tidaklah baik bagi kesehatan latopmu lho! Hal ini bisa mengakibatkan baterai lithium ion mengalami kerusakan. Daya baterai laptop masa kini harus diisi daya saat indicator baterai sudah berada di bawah 20%. Jangan menunggu baterai benar-benar habis bahkan hingga laptopmu mati ya!

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here