Friday, May 20, 2022
25 C
Jakarta
More
    HomeOtomotif TeknologiOtomotifIni Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit

    Ini Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit

    Rem merupakan salah satu komponen terpenting yang ada pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. Karena jadi komponen yang penting, kesehatan rem tentu harus menjadi prioritas bagi para pemilik kendaraan. Namun, seringkali kita lalai dan mengabaikan kondisi kesehatan kendaraan kita sendiri sehingga komponen rem mengalami berbagai permasalahan.

    Salah satu masalah yang paling umum terjadi pada komponen rem sepeda motor adalah munculnya bunyi berdecit yang keluar pada saat melakukan pengereman. Bunyi berdecit ini jika tidak segera ditanggulangi bisa sangat mengganggu lho! Nah ternyata, ini dia beberapa penyebab kenapa komponen rem mengeluarkan bunyi berdecit, guys.

    Ada masalah pada cakram rem

    Bunyi berdecit yang muncul pada saat pengereman bisa saja terjadi karena adanya masalah pada komponen cakram rem. Hal ini bisa disebabkan karena kesalahan pada permukaan cakram sendiri yang biasanya tidak rata. Untuk itu, kamu perlu memeriksa apakah permukaan cakram rem rata atau tidak.

    Kampas rem yang kotor

    Ternyata bunyi berdecit tidak hanya keluar jika kampas rem tipis saja lho! Bunyi berdecit ini bisa terdengar jika kampas rem dalam kondisi yang kotor. Kampas rem yang kotor yang dipenuhi debu yang menempel dalam waktu yang lama sehingga mengering ini bisa menjadi kerak. Nah kerak inilah yang menjadi penyebab dari adanya bunyi berdecit yang dihasilkan oleh kampas rem yang kotor.

    Terkena percikan air

    Bunyi berdecit yang dihasilkan dari komponen rem ini juga bisa disebabkan oleh rem yang terkena percikan air. Air bisa menimbulkan bunyi berdecit pada rem karena kotoran-kotoran yang ada di sekitar komponen rem hilang dan menjadi kesat. Sehingga saat melakukan pengereman, akan terdengar bunyi berdecit karena area rem yang keset tersebut. Jadi, jangan heran ya kalau sepeda motormu kehujanan dan tiba-tiba mengeluarkan bunyi berdecit!

    Kampas rem yang sudah tipis

    Bunyi berdecit pada rem juga bisa disebabkan karena kampas rem yang sudah tipis. Jika kampas rem tipis, kemampuan komponen rem untuk melakukan pengereman tentu saja berkurang dan genggaman rem tidak kuat lagi. Akibatnya, bunyi berdecit bisa saja keluar karena kampas rem tipis. Jika kampas rem-mu sudah tipis, segeralah pergi ke bengkel untuk memperbaikinya agar kamu bisa berkendara dengan nyaman lagi ya!

    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments