Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Instruksi Mendagri Tentang PPKM Terbaru

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Instruksi Mendagri tentang PPKM terbaru patut diketahui oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini sangat penting lantaran pemerintah baru saja memperbarui kategori level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah.

Aturan dan daftar daerah yang menerapkan PPKM tercantum di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri). Aturan ini ditandatangani langsung oleh Mendagri Tito Karnavian pada hari Senin (18/10/2021).

Instruksi Mendagri tentang PPKM Terbaru: di Jawa-Bali & Luar Jawa-Bali

Instruksi Mendagri tentang PPKM terbaru dimuat dalam 2 salinan. Salinan itu terbagi khusus untuk wilayah Jawa Bali dan juga untuk wilayah luar Jawa Bali, antara lain:

  1. Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2 dan level 1 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali
  2. Inmendagri Nomor 54 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2 dan level 1 COVID-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Dua Inmendagri ini dibuat untuk seluruh kepala daerah di Indonesia. Tito meminta agar masing-masing daerah mengoptimalkan posko penanganan COVID-19. Inmendagri tersebut menyebutkan “Untuk melengkapi pelaksanaan PPKM yang mengoptimalkan Posko Penanganan COVID-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan dalam rangka Pengendalian Penyebaran COVID-19″

Klik link di bawah ini untuk melihat lebih lengkap Instruksi Mendagri Tentang PPKM Terbaru:

  • Wilayah Jawa dan Bali
  • Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.
  • Photo by Gerakan Indonesia Pasti Bisa

    Baca juga: Mengenal Aplikasi PeduliLindungi

    Instruksi Mendagri tentang PPKM Terbaru: Aturan yang Berubah

    Dalam Instruksi Mendagri tentang PPKM terbaru, ada sejumlah aturan baru yang kembali dilonggarkan, antara lain:

    1. Tempat bermain anak di mal atau pusat perbelanjaan diperbolehkan buka di daerah yang menerapkan PPKM level 2. Adapun syaratnya adalah harus mencatat nomor telepon serta alamat orang tua pada waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing.
    2. Kapasitas Bioskop ditambah jadi 70%. Aturan ini berlaku untuk daerah PPKM level 2 dan 1. Sementara anak-anak sudah diperkenankan untuk masuk bioskop.
    3. Sopir angkutan logistik dapat melakukan perjalanan domestik dengan syarat telah divaksin corona dua kali dan harus melampirkan tes antigen yang dapat berlaku selama 14 hari.
    4. Anak-anak di bawah usia 12 tahun diizinkan untuk masuk ke tempat wisata. Aturan ini berlaku di daerah PPKM level 2 dengan tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan didampingi orang tua.
    5. Uji coba tempat wisata di kabupaten/kota level 3 kembali ditambah atas izin dari Kemenparekraf. Untuk wisata air juga sudah dibuka di daerah yang melaksanakan PPKM level 2 dan 1.
    spot_imgspot_imgspot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Artikel Terbaru

    Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

    Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

    Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

    Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

    Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

    Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

    Populer Artikel