Sunday, September 25, 2022
35 C
Jakarta
More

    IT Division SiCepat Ekspres

    Perkembangan teknologi informasi di era digital saat ini mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Perkembangan inilah yang menuntut banyak perusahaan di Indonesia, bahkan seluruh dunia sangat perlu untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat pendukung proses bisnis perusahaan. Latar belakang inilah yang menyebabkan hadirnya divisi IT di berbagai perusahaan. Salah satunya adalah SiCepat Ekspres yang bergerak dalam bisnis jasa ekspedisi.

    Secara umum, divisi IT yang ada di SiCepat Ekspres ini terdiri dari empat bagian yakni IT Product, IT Developer, IT Infra & Support, dan IT Data Scientist. Keempat bagian tersebut memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Secara umum, IT Product berfungsi untuk mengontrol, mengembangkan & memberikan solusi untuk product yang ada di SiCepat Ekspres. Lalu, IT Developer bertugas melakukan pengembangan aplikasi yang digunakan di SiCepat Ekspres.

    Kemudian, IT Infra & Support bertugas memberikan support ke seluruh department baik yang meliputi infrastruktur maupun permasalahan di aplikasi yang ada di SiCepat Ekspres. Terakhir, bagian IT Data Scientist yang bertugas mengelola data, mempersiapkan dan menganalisa data yang ada di SiCepat Ekspres.

    Dalam menjalan tugas dan fungsinya, terdapat faktor yang sangat mendukung dan memperlancar kinerja dari Divisi IT SiCepat Ekspres. Menurut Billy Yosafat, selaku Vice President IT SiCepat Ekspres mengatakan, kurang lebih ada tiga hal penting yang bisa mendukung performa dan kinerja IT dalam menjalankan fungsinya yakni teamwork, komunikasi, dan sense of belonging.

    Billy Yosafat, Vice President IT SiCepat Ekspres

    “Dalam menjalankan pekerjaan, yang paling penting diterapkan tentu adalah kemampuan teamwork yang baik. Tanpa adanya teamwork, semua bagian tidak hanya IT, tak akan bisa mencapai visi yang hendak dicapai. Kemudian, komunikasi yang baik juga harus dimiliki setiap karyawan karena tanpa adanya komunikasi yang baik, informasi dan kerjasama yang seharusnya kita terima dan kerjakan akan terhambat. Komunikasi yang baik tentunya akan membantu kita mendapat hasil yang memuaskan. Setelah itu, sense of belonging juga menjadi hal yang penting, Sebab, pada akhirnya apapun yang IT kerjakan kembali lagi kepada pribadi masing-masing sebagai anggota keluarga SiCepat Ekspres, Sehingga penting adanya sense of belonging yang dimiliki setiap karyawan agar tujuan memajukan SiCepat bisa tercapai”, ujar Billy.

    Kinerja tim divisi IT SiCepat Ekspres sangat baik dan solid, setiap karyawan mengetahui tanggung jawabnya masing-masing dalam bekerja dan juga menjalankan komunikasi dan kerjasama yang baik satu sama lain, sehingga target pekerjaan tim IT bisa tercapai dengan baik.

    Salah satu tugas dan kewajiban yang dilakukan tim IT adalah melakukan pemeliharaan sistem dan infrastruktur SiCepat agar segala kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar. Pemeliharaan infrastruktur ini sendiri dilakukan oleh IT secara rutin tiga kali seminggu ke seluruh cabang/gerai oleh tim field support. Untuk system maintenance, tim IT SiCepat melakukan monitoring secara daily.

    Dalam menjalankan pemeliharaan/maintenance, ada tiga hal yang menjadi fokus tim IT yakni Connectivity, Stability, dan Availability. Ketiga hal ini harus terus dikontrol agar segala proses yang berjalan dalam bisnis SiCepat berlangsung lancar.

    “Keberadaan divisi IT di SiCepat Ekspres ini layaknya darah yang mengalir di tubuh manusia. Tanpa adanya IT, proses bisnis di SiCepat tidak akan bisa berjalan. Karena di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi menjadi hal yang sangat penting.”

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here