Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Jaringan 5G Siap di Tahun 2020?

    Internet nampaknya memang sudah tak bisa dipisahkan dengan keseharian masyarakat dunia. Hampir setiap waktu, dimana pun dan kapan pun kita selalu memanfaatkan internet dalam menjalankan aktivitas seperti berkomunikasi, membayar berbagai macam tagihan, bermain games, hingga memesan makanan. Semuanya dilakukan dengan bantuan internet.

    Semakin meningkatnya kebutuhan akan internet, makan semakin besar pula kebutuhan kita akan koneksi yang semakin cepat. Jika kamu mengenal jaringan 4G yang kini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, ternyata kemampuan jaringan 4G ini masih dianggap belum cukup cepat untuk mengakomodir segala kebutuhan akan konektivitas yang cepat.

    Karena frekuensi jaringan internet 4G yang masih dianggap belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut, maka kini muncullah frekuensi jaringan baru yakni 5G yang kini telah diterapkan di negara maju seperti Korea Selatan. Namun, konektivitas 5G ini masih belum bisa dinikmati di Indonesia karena masih dalam proses persiapan.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika memperkirakan bahwa frekuensi jaringan internet generasi kelima atau 5G dapat diterapkan di Indonesia paling cepat pada 2020. Untuk bisa menikmati konektivitas super cepat 5G ini, pengguna juga membutuhkan smartphone tercanggih yang bisa menangkap jaringan 5G. Di Indonesia sendiri, belum banyak smartphone yang meluncurkan perangkat yang bisa mendukung konektivitas 5G. Jika adapun, range harga yang ditawarkan masih sangat mahal dan tidak bisa mencakup semua kalangan.

    Berbeda dengan Indonesia yang masih dalam tahap persiapan, negara Asia lainnya seperti Thailand, Singapura, Malaysia, dan Vietnam memastikan negaranya akan bisa menikmati jaringan 5G di 2020 mendatang. Sebelumnya, Korea Selatan bahkan menjadi negara pertama yang menerapkan teknologi 5G di dunia.

    Berbicara soal teknologi 5G, jaringan ini mampu memberikan konektivitas 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G yang saat ini banyak digunakan. Saking cepatnya, jaringan 5G ini sangat memungkinkan bagi penggunanya untuk mengunduh film hanya dalam satu detik saja. Keren bukan?

    Kemampuan inilah yang dianggap krusial untuk perkembangan perangkat di masa yang akan datang yang berkisar dari kendaraan swa-kemudi yang mengirimkan data antara satu sama lain dalam waktu nyata hingga robot industri, pesawat nirawak, dan elemen-elemen lain dari Internet of Things.

    Tingkat kecepatan yang ditawarkan ini akan bersifat vital bagi infrastruktur di masa datang, dan standar 5G diharapkan dapat menghasilkan pemasukan sebesar $565 miliar dalam manfaat ekonomi global menjelang tahun 2034, menurut sebuah aliansi industri Global System for Mobile Communication yang berpusat di London.

    Dengan kehebatannya tersebut, tak heran jaringan 5G menjadi hal yang dinanti-nanti oleh banyak masyarakat di dunia. Selain bisa menggunakan internet dengan cepat, hal tersebut juga membantu manusia dalam berbagai hal. Namun apakah Indonesia siap untuk menerapkan jaringan 5G di 2020? Pemerintah sendiri menargetkan studi dan diskusi tentang 5G selesai di tahun 2019 ini.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here