Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeSiCepatEmployeeJelajahi dan Kembangkan Potensi Diri dengan Pelatihan di SiCepat...

    Jelajahi dan Kembangkan Potensi Diri dengan Pelatihan di SiCepat Ekspres

    Kemampuan masing-masing individu tentu sangat penting dalam menunjang pekerjaan dan karir yang sedang dijalani. Setiap divisi/departmen dalam perusahaan, tentu memiliki kualifikasi khusus berkaitan dengan skill yang harus dimiliki oleh karyawannya. Oleh karena itu, setiap karyawan perlu mengembangkan potensi diri untuk dapat terus mengikuti dinamika yang terjadi dalam perusahaan dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

    Sadar akan pentingnya perkembangan skill individu setiap karyawan, SiCepat Ekspres memberikan fasilitas bagi karyawan untuk bisa menggali potensi diri dan meningkatkan soft-skill maupun hard skill-nya untuk menunjang karir. Fasilitas ini diberikan sebagai bentuk dukungan perusahaan untuk mendorong para karyawan dapat terus memberikan performa kerja terbaik serta dapat melihat peluang karir yang semakin terbuka lebar.

    HC Learning sendiri merupakan suatu divisi di SiCepat Ekspres yang sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2019 terkait pemberian training karyawan. Melalui HC Learning, karyawan akan mendapatkan pelatihan sehingga memiliki kualitas dari segi knowledge, skill, dan attitude. Selain itu, karyawan juga akan dilihat berdasarkan penilaian Kamus Kompetensi yang terdiri atas Kompetensi Inti sebagai core value perusahaan dengan harapan seluruh karyawan dapat memiliki budaya kerja yang sama. “Jadi kami ingin agar seluruh karyawan ketika sudah bekerja di SiCepat Ekspres dapat menjalani nila-nilai bekerja yang sesuai. Bukan lagi seperti saat dia di rumah maupun di pekerjaan sebelumnya,” ujar Yusuf Tri Anggoro selaku Senior Manager HC Learning Development.

    Kompetensi Kepemimpinan juga penting dimiliki agar para leader dapat menyampaikan budaya kerja serta visi misi perusahaan kepada anggota timnya. Lalu terdapat juga Kompetensi Teknis, yaitu dapat bekerja dengan baik sesuai dengan fungsi jabatan pada organisasi atau perusahaan. Ketiga hal tersebut juga sangat berpengaruh bagi karyawan agar dapat menyelesaikan tugas dan memiliki motivasi untuk meraih prestasi selama bekerja.

    Sebagai upaya memfasilitasi pelatihan skill karyawan, HC Learning juga memiliki program training dan performance management untuk meningkatkan potensi diri. Kegiatan training dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat melengkapi kualitas individu agar tidak ada lagi jarak antara knowledge, skill, dan attitude.

    Baca juga: Mengulik Departemen Human Resource Business Partner SiCepat Ekspres

    Pelatihan Safety Driving untuk SiGesit Last Mile dan First Mile

    Bagi karyawan SiCepat yang ingin mendapatkan pelatihan training dapat meminta pengajuan training dengan request form yang disediakan oleh tim HC Learning. request form tersebut kemudian diisi oleh leader tim serta selanjutnya akan diproses oleh tim HC Learning mengenai kesesuaian dan persetujuan atas training request yang diminta. Tidak hanya pengajuan training yang diinginkan, jika karyawan tersebut sudah teridentifikasi sebagai karyawan SiCepat maka akan mendapatkan pemberitahuan jadwal mandatory training yang sudah terkonfirmasi oleh leader tim masing-masing.

    Beberapa training yang sudah dijalankan oleh tim HC Learning untuk mengembangkan kompetensi karyawan di antaranya, program training etika dan budaya untuk menanamkan budaya kerja SiCepat Ekspres yaitu, FAST (Focus, Active, Service Excellent, dan Teamwork). Training kebersihan dengan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin). Training leadership program untuk membekali para leader SiCepat Ekspres agar memiliki kemampuan memimpin sesuai dengan fungsi jabatannya seperti basic leadership untuk level setiap leader, supervisory management untuk level supervisor hingga assistant manager.

    Pelatihan Business Continuity Plan bersama Tim IT dan Process Improvement

    Selain training di atas, juga diselenggarakan pelatihan soft skill seperti pelatihan presentasi dengan harapan agar setiap karyawan dapat memberikan presentasi yang efektif beserta cara pembuatan materi presentasi yang baik. Pelatihan communication assertive untuk melatih diri guna memberikan pesan komunikasi yang jelas dan menyampaikan ide atau gagasan tanpa menyakiti perasaan orang lain.

    Terlepas dari pelatihan yang diberikan, SiCepat Ekspres juga berusaha untuk memberi kebebasan kepada karyawan untuk mengeksplorasi dan menghasilkan inovasi terbaru demi kemajuan bersama. Ke depannya, HC Learning dapat membentuk budaya kerja SiCepat Ekspres untuk dapat meraih tujuan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

    Baca juga: Departemen Control Tower SiCepat Ekspres

    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments