Sunday, September 25, 2022
34.6 C
Jakarta
More

    Kaca Helm Buram? Ini Cara Merawatnya!

    Bagi para pengendara sepeda motor, helm merupakan item yang sangat penting yang wajib dikenakan saat berkendara. Helm berfungsi untuk melindungi tempurunh kepala untuk menghindari kemungkinan cedera berat di kepala saat terjadinya kecelakaan.

    Nah, helm sendiri di desain secara khusus dan memiliki beberapa bagian-bagian penting yang bisa melindungi bagian kepala. Salah satu bagian penting tersebut adalah kaca helm. Saat kaca helm buram, hal tersebut tentunya akan mengganggumu ketika berkendara karena kamu tidak bisa melihat jalan dengan jelas. Untuk itu, ini dia beberapa tips untuk merawat kaca helm agar tidak buram! Simak ya…

    Bersihkan secara berkala

    Penting untuk kamu membersihkan kaca helm secara berkala menggunakan kain halus. Kain halu ini bertujuan agar permukaan kaca helm tidak terkena goresan. Jika terdapat kotoran di kaca helm, bersihkanlah dahulu menggunakan hand sanitizer, sabun cuci piring, atau jika bisa sabun khusus pembersih kaca helm hingga tak ada kotoran yang tersisa.

    Cara membersihkannya mudah, cukup lepaskan kaca helm terlebih dahulu, kemudian basahi kaca helmnya dan cuci bersih menggunakan spons dengan permukaan yang halus sampai bersih. Kemudian, bilas dengan air bersih dan lap dengan kanebo. Tak sampai disitu, bersihkan kaca menggunakan krim pembersih kaca helm secara merata ke semua permukaan agar kaca semakin bersih.

    Gunakan cairan khusus pembersih kaca

    Untuk menjaga kondisi kaca tetap bening, saat membersihkan gunakanlah cairan khusus pembersih kaca. Sebelum membersihkan kaca menggunakan cairan pembersih, pastikan semua debu dan kotoran sudah kamu singkirkan dahulu demi mengurangi kemungkinan tergoresnya kaca helm.

    Perawatan khusus setelah digunakan

    Tak hanya dibersihkan saja, agar kaca helm milikmu awet dan tetap bening, kamu perlu melakukan beberapa step perawatan setelah menggunakan helm. Sebelum dan sesuah menggunakan, pastikan untuk mengelap kaca dengan kain halus. Kemudian, simpan helmmu di tempat yang aman serta jauhkan dari benda-benda yang berpotensi menggores kaca helm. Jika tidak dipakai dalam waktu yang lama, simpanlah helm dalam sarung khusus agar terhindar dari debu bandel yang menempel. Terakhir, usahakan helm jangan terlalu sering terpapar sinar matahari. Karena sinar matahari dapat membuat kaca helmmu cepat buram.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here