Tuesday, August 16, 2022
30.1 C
Jakarta
More

    Kelebihan dan Kekurangan Skuter Matik

    Motor matik atau skuter matik kini kian marak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena fiturnya yang lebih mudah dan nyaman, skuter matik juga dianggap lebih praktis untuk digunakan. Berbagai macam jenis skuter matik bisa kamu temukan di Indonesia dengan berbagai varian harga, dari yang murah, hingga yang mewah dan mahal. Namun ternyata, tak hanya dibekali oleh banyak kelebihan saja, skuter matik juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui nih! Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh skuter matik:

    Kelebihan:

    Pengoperasian yang mudah

    Motor matik dikenal dengan cara pengoperasiannya yang mudah. Pengendara hanya perlu mengoperasikan gas saja, lalu rem dan stang untuk kontrol ketika di jalan. Jauh lebih praktis bila dibandingkan motor lain yang harus mengatur gigi hingga kopling.

    Kapasitas penyimpanan bagasi lebih luas

    Karena konstruksi mesinnya yang lebih sederhana ketimbang motor bebek dna motor kopling, motor matik memiliki kapasitas penyimpanan bagasi yang lebih luas di bawah jok motornya. Kamu bisa menyimpan berbagai macam barang di bagasi motor seperti mantel hujan, sandal, sepatu, hingga menyimpan helm.

    Lebih lincah dan gesit

    Motor matik dkenal dengan kemampuannya yang lincah dan gesit saat bermanuver. Kelincahan tersebut disebabkan karena motor matik memiliki wheelbase yang pendek.

    Punya desain yang stylish dan variatif

    Karena penjualan yang makin meningkat di tanah air, para produsen sepeda motor berlomba-lomba meluncurkan skuter matik dengan desain dan varian yang menarik dan stylish. Desain stylish dan varian menarik ini bisa menambah kepercayaan dirimu saat mengendarai skuter matik.

    Spare part mudah didapat

    Karena pengguna motor matik yang kian banyak di Indonesia, tak heran sukucadang atau spare parts skuter matik makin mudah didapatkan secara luas di pasaran. Sehingga, faktor ini membuat skuter matik juga lebih mudah untuk dimodifikasi.

    Kekurangan:

    Boros BBM

    Beberapa motor/skuter matik memang dikenal lebih banyak menghabiskan bahan bakar. Hal ini disebabkan karena motor matik menggunakan banyak gear dalam pengoperasiannya. Namun hal ini sudah disiati dengan banyak perusahaan sepeda motor yang mengeluarkan motor matik dilengkapi dengan teknologi injeksi yang lebih irit bahan bakar.

    Diameter roda yang kecil

    Karena bodinya yang cenderung kecil, diameter roda yang digunakan oleh motor matik juga terbilang kecil. Hal tersebut akan membuat pengendara merasa tidak nyaman ketika melintasi jalanan yang tidak rata atau banyak polisi tidur.

    Harus rutin ke bengkel dan biaya perawatan yang mahal

    Motor matik digerakkan oleh CVT (Continously Variable Transmission) sehingga penting bagi pemilik motor matik untuk rutin membawa motornya ke bengkel agar mesin CVT tidak cepat terasa berat dan membuat perjalanan tidak nyaman. Selain itu, biaya perawatan motor matik juga dikenal lebih mahal disbanding motor bebek dan kopling. Karena banyak komponen motor matik yang harus mendapat perhatian lebih.

    Beban yang sangat terbatas

    Motor matic juga memiliki beban wajar yang lebih ringan. Pasalnya motor ini mengandalkan mono shock yang tidak dapat menahan beban sebesar motor yang memakai dual shock.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here