Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Kembangkan Bisnis Penjualan Kamu dengan Strategi Ide Promosi Berikut Ini!

    Promosi penjualan merupakan salah satu strategi dalam bisnis untuk meningkatkan minat pelanggan dalam membeli suatu produk. Promosi sangat perlu dilakukan agar calon pelanggan mengetahui produk kamu, lalu tertarik untuk membelinya.

    Sehingga kegiatan promosi harus direncanakan dengan baik, karena melakukan promosi juga pasti memerlukan perencanaan yang matang. Lalu apa saja sih tahapan yang harus dilalui pelaku usaha dalam membuat rencana dan melakukan promosi bisnis?

    Lingga Wastu selaku Marketing Manager Hello Sehat menjelaskan, saat ini cara sebuah brand berinteraksi dengan target audiens sudah berubah begitupun dengan media dalam mengakses informasi terkini.

    Menurutnya, pelanggan saat ini tidak lagi didikte oleh produk atau brand dalam mengambil sebuah keputusan pembelian. Beberapa faktor yang menentukan di antaranya adalah perubahan nilai, proses penentuan keputusan panjang, dan ekspektasi tinggi.

    “Pelaku usaha dalam melakukan strategi promosi dengan cara berkomunikasi dengan audiens yang merupakan target pasarnya. Proses komunikasi ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada target pasar tentang produk yang dipromosikan,” kata Lingga saat menjadi mentor dalam Webinar SANUBARI SiCepat sesi 6 ‘Program Promosi Tepat, Order Meningkat!’ Jumat 16 September 2022.

    Lingga Wastu selaku Marketing Manager Hello Sehat.

    Ia pun menjabarkan empat poin-poin penting yang perlu diketahui oleh para pebisnis dalam menentukan keputusan pembelian. Pertama, power of now yaitu semakin lama pelanggan menunggu untuk mendapatkan produk atau solusi, maka akan semakin lemah daya belinya.

    Kedua, social proof mengenai rekomendasi dan ulasan dari orang lain bisa menjadi faktor penting terjadinya transaksi pertama. Ketiga, scarcity yaitu ketika pelanggan mengetahui stok atau ketersediaan suatu produk berkurang, maka suatu produk akan semakin diinginkan.

    Dan yang terakhir, authority of influence mengenai kebiasaan pelanggan akan sangat terpengaruh oleh seorang tokoh ahli atau sumber terpercaya yang diikutinya. 

    Baca juga: Tips Meningkatkan Penjualan dengan Strategi Promosi yang Efektif

    Sementara itu, dalam penulisan konten online berbeda dengan penulisan konten tradisional pada media massa. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu konten yang menarik, tentukan sudut pandang yang tepat, dan berikan call to action.

    Call to action adalah suatu kalimat pendek atau kalimat perintah yang meminta pembacanya untuk melakukan tindakan sesegera mungkin. Contohnya seperti “Jangan Tengok Kiri, Daftar Sekarang, Ayo Berlangganan!”.

    Selanjutnya untuk memaksimalkan ide promosi setidaknya ada 6 jenis perencanaan yang bisa dilakukan secara efektif yaitu urgensi, kelangkaan produk, diskon, cashback, giftbox, dan buy one get X.

    Sesi para pemenang Quiz Webinar SANUBARI Sesi 6.

    Pada akhir acara, SiCepat Ekspres memberikan hadiah bagi 5 orang pemenang berupa LinkMiles Citilink senilai Rp200.000,-. dan LinkMiles Citilink senilai Rp500.000,- bagi 2 orang pemenang, voucher, dan merchandise bagi peserta yang memberikan pertanyaan paling menarik.

    Selamat bagi para pemenang Quiz Webinar SANUBARI Sesi 6! Jangan lupa untuk terus mengikuti sesi webinar SANUBARI selanjutnya!

    Baca juga: Diperpanjang! Daftarkan Ide Bisnis Kamu di Sanubari Business Plan Competition

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here