Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kesalahan Dalam Bisnis yang Wajib Kamu Hindari

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gagal dalam berbisnis merupakan hal yang wajar. Namun, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui dan hindari agar tidak salah mengambil keputusan dalam berbisnis.

Dunia bisnis bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani. Jatuh bangun pasti akan dirasakan setiap orang yang menjalani bisnisnya, apalagi buat kamu yang baru berkecimpung di dunia bisnis.

Tips sukses berbisnis menjadi salah satu topik yang paling ramai dicari di internet, khususnya bagi para entrepreneur muda. Ada hal-hal krusial yang penting untuk kamu ketahui agar bisnis berjalan dengan mulus. Berikut beberapa kesalahan bisnis yang wajib kamu hindari!

Ikut-ikutan tren

Menjalani bisnis diperlukan alasan yang kuat, tidak hanya sekadar mengikuti tren. Kegagalan sering disebabkan karena seseorang tidak sadar bahwa membangun bisnis itu sulit. Jika kita tidak memiliki alasan yang kuat, bisa berakibat berhenti di tengah jalan ketika dihadapkan dengan tantangan.

Kita harus melihat dari sisi ide apa yang kita sukai dan apakah ide tersebut akan disukai juga oleh masyarakat. Kita juga dapat melihat apakah ide tersebut memiliki manfaat dan potensi untuk bertumbuh, serta kemungkinan sukses di masa yang akan datang.

Kurang fleksibel

Bisnis penuh dengan ketidakpastian. Bisa saja ide awal kita tidak sesuai dengan pasar sehingga kita perlu membuat perubahan yang sesuai. Sebagai pebisnis, kamu haris flesibel, seperti dalam hal eksekusi yang tidak melulu terpatok ide dan menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Photo by Olya Kobruseva from Pexels

Tidak memiliki perencanaan bisnis

Perencanaan adalah hal penting yang menjadi pondasi untuk masa depan bisnis kamu. Masa depan memang tidak pasti, tapi bukan berarti kamu bisa berbisnis tanpa adanya perencanaan. Di sini, kamu dapat menentukan apa saja yang dibutuhkan ke depannya dan ke mana arah bisnis kamu akan berjalan, khususnya jika kamu melibatkan sumber daya manusia (SDM) dan investor. Namun, perlu diingat untuk tetap fleksibel, agar apabila ada yang tidak sesuai dengan rencana atau pasar, kamu bisa mengubah dan menyesuaikannya.

Tidak memisahkan hubungan personal dengan professional

Hal ini mungkin terjadi buat kamu yang ingin berbisnis bersama teman, pasangan, atau keluarga. Dalam berbisnis, setiap orang harus bisa menerima kritikan tanpa menjadikannya personal. Kalau tidak nyaman untuk bekerja secara professional, sebaiknya hindari membuat bisnis bersama orang terdekat.

Kurang mengasah skill

Meskipun yang sedang dijalani adalah bisnis sendiri yang dianggap kamu sudah tau segalanya, kamu tetap perlu mendapatkan ilmu-ilmu baru agar dapat menciptakan ide dan strategi yang akan mengembangkan bisnis kamu.

Mudah menyerah

Sikap mudah menyerah dalam waktu singkat perlu dihindari bagi siapapun. Apalalgi, mengingat kamu adalah seorang entrepreneur yang akan melalui jatuh bangun dalam waktu yang tidak bisa diprediksi, sikap yang satu ini perlu dihindari agar bisnis kamu tidak berhenti di tengah jalan.

Tidak komitmen dengan waktu

Sebagai pebisnis, kamu benar-benar harus disiplin dan komitmen dengan waktu. Waktu harus dikelola dengan baik agar bisnis kamu dapat mencapai target yang sudah direncanakan.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel