Monday, December 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kilas Balik SiCepat Ekspres di 2020

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahun 2020 menjadi tahun yang membawa banyak perubahan dan pengalaman bagi SiCepat Ekspres sebagai salah satu perusahaan yang menjalankan bisnis jasa pengiriman. Dibuka dengan kondisi yang kurang baik dimana terjadi musibah banjir di beberapa wilayah Indonesia saat malam tahun baru tiba, SiCepat Ekspres secara cepat tanggap mendistribusikan bantuan berupa bahan pokok untuk masyarakat yang terdampak di wilayah Jakarta dan Banten.

Di bulan februari 2020, tepatnya SiCepat Ekspres resmi memasuki usia ke-6 tahunnya. Penambahan usia ini dirayakan dengan digelarnya event employee gathering pada 22 Februari 2020 yang bertempat di kawasan Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta Utara. Event employee gathering ini mengundang sejumlah karyawan baik karyawan kantor pusat maupun daerah untuk bersama-sama merayakan pertambahan usia SiCepat. Acara ini juga dimeriahkan dengan peluncuran film pendek “Dari Hati” garapan tim multimedia SiCepat Ekspres yang menceritakan mengenai seluk beluk lahirnya SiCepat Ekspres.

Memasuki bulan Maret 2020, kabar menyedihkan kembali menghampiri bangsa Indonesia. Sejak Maret 2020, Indonesia harus menghadapi musibah besar dimana virus Covid-19 yang membahayakan kesehatan dan nyawa manusia telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Menghadapi situasi darurat Covid-19 tersebut, SiCepat kembali melakukan aksi cepat tanggapnya untuk bisa membantu masyarakat yang terdampak dengan menghadirkan program layanan SiCepat Covid-19.

Program SiCepat Covid-19 ini memberikan layanan pengiriman gratis bagi masyarakat yang hendak mengirimkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada para tenaga medis di Rumah Sakit yang membutuhkan di seluruh Indonesia sebagai garda terdepan. Program ini berlangsung sejak periode Maret hingga Mei 2020. Tak hanya itu, di bulan Agustus 2020 SiCepat juga menjalin kolaborasi dengan Gerakan Indonesia Kuat untuk mendistribusikan APD ke 18 Rumah Sakit membutuhkan yang tersebar di Nusantara. 

Masifnya dampak yang dialami oleh masyarakat Indonesia karena adanya pandemi Covid-19 ini membuat SiCepat terus melakukan usaha untuk membantu masyarakat. Tak hanya membantu pendistribusian APD, SiCepat juga memberikan donasi berupa bahan pokok yakni Beras dengan total donasi hingga Rp 1 Miliar kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang tersebar di Jabodetabek, Palembang, NTT & Sulawesi.

SiCepat Ekspres juga berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk bisa membantu masyarakat terdampak secara lebih luas. Salah satunya adalah kolaborasi SiCepat bersama GEMAS (Gerakan Memakai Masker Gratis) yang mendonasikan sejumlah masker kain berwarna merah putih kepada instansi pemerintah, lembaga masyarakat hingga komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Masker ini diharapkan menjadi amunisi yang bisa melindungi masyarakat untuk mengurangi potensi penularan virus semakin meluas.

Tak hanya itu, SiCepat juga menjalin kerjasama dengan Gerakan Anak Indonesia Bersatu melalui kegiatan Rantai Kebaikan dalam mendistribusikan sejumlah paket makanan untuk masyarakat terdampak Covid-19 di beberapa kawasan di wilayah Jakarta. Bantuan senilai hingga Rp 1,2 Miliar ini didistribusikan dalam bentuk paket makanan untuk bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangannya.  

Meski mengalami situasi sulit di tengah pandemi yang melanda, SiCepat Ekspres tak serta merta berhenti berinovasi. Sebulan sebelum pandemi, tepatnya di bulan Februari, SiCepat Ekspres meluncurkan produk layanan terbarunya yakni HALU (Harga Mulai Lima Ribu) yang bisa digunakan di e-commerce Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Produk layanan ini memberikan tarif pengiriman yang sangat terjangkau yakni mulai dari lima ribu rupiah. Meski terjangkau, SiCepat tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan estimasi waktu pengiriman yang cepat., yakni 15 jam sampai untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Tak hanya meluncurkan produk HALU saja di tahun 2020, SiCepat juga meluncurkan produk SiUntung dan juga GOKIL (Cargo Kilat). SiUntung yang rilis di bulan April merupakan produk layanan yang memberikan tarif lebih murah 10% dari layanan reguler yang biasanya, sedangkan GOKIL (Cargo Kilat) yang meluncur di bulan Juli merupakan produk yang memberikan harga terjangkau khusus untuk paket berukuran besar/kargo. Produk-produk layanan ini tentunya diluncurkan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para customer dalam hal pengiriman, yakni tarif terjangkau dan waktu pengiriman yang cepat.

Tak hanya aktif dan produktif dalam menghadirkan berbagai inovasi di tengah pandemi, di tahun 2020 ini juga SiCepat berperan aktif dalam berbagai event dan diskusi yang melibatkan berbagai pihak melalui sebuah webinar edukatif dan inspiratif. Membahas berbagai hal mulai dari dunia logistik, e-commerce, hingga kepemimpinan, SiCepat Ekspres berusaha memberikan dampak positif melalui sharing session tersebut kepada masyarakat agar bisa lebih produktif dan bangkit dalam situasi pandemi yang hingga sekarang masih dihadapi.

Berkat produktivitas dan berbagai inovasi yang dilakukan sepanjang tahun 2020, SiCepat Ekspres berhasil membawa pulang total 9 penghargaan dari berbagai ajang penghargaan di beberapa kategori. Pengahargaan yang didapatkan tersebut mulai dari kategori produk layanan pick up pertama, customer experience, prospective brands, inovasi, hingga strategi marketing, digital, dan CSR terbaik dari berbagai pihak.

Sejumlah penghargaan yang telah didapatkan ini tentunya menjadi sebuah apresiasi yang sangat berharga bagi SiCepat di tahun 2020. Beberapa penghargaan tersebut akan menjadi sebuah motivasi besar bagi SiCepat agar bisa melangkah lebih baik dan terus berinovasi agar bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi, serta mendukung seluruh masyarakat, termasuk para pelaku bisnis lokal yakni UMKM.

Berkat kolaborasi yang apik antara SiCepat Ekspres dan juga para pelaku bisnis lokal dalam ekosistem digital ini, hingga saat ini hampir sekitar 5 juta online seller telah bergabung menjadi customer SiCepat dan setia menggunakan layanan pengiriman SiCepat Ekspres. Berkat hal tersebut, kami berharap bisa terus menjalin kerjasama yang baik dan juga tak berhenti untuk memberikan inovasi yang lebih baik serta memudahkan di tahun 2021 dan tahun-tahun berikutnya.

Baca juga Harbolnas 12.12 Sicepat Ekspres Catat Lonjakan Pengiriman Hingga 5 Juta Paket

spot_imgspot_imgspot_img

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Resep Gingerbread Cookies, Cemilan Khas Natal

Menjelang perayaan natal pastinya akan ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mulai dari dekorasi rumah, pilihan baju natal, hinggga...

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Populer Artikel