Monday, May 23, 2022
26.1 C
Jakarta
More
    HomeOtomotif TeknologiOtomotifKolaborasi Grab dan Hyundai Sediakan Mobil Listrik di Bandara...

    Kolaborasi Grab dan Hyundai Sediakan Mobil Listrik di Bandara Soetta

    Fenomena mobil listrik di Indonesia nampaknya akan semakin berkembang. Hal tersebut bisa dilihat dari maraknya berbagai pabrikan mobil yang kini mulai memproduksi mobil dengan mesin listrik yang ramah lingkungan. Tren mobil listrik ini juga diikuti oleh salah satu start-up yang bergerak di bidang transportasi yakni Grab, yang menjalin kerjasama dengan Hyundai, pabrikan mobil asalh Korea Selatan.

    sumber: Gridoto

    Dilansir dari OtomotifKompas, Grab resmi menjalin kerjasama dengan Hyundai pada 27 Januari 2020 lalu untuk menyediakan 20 unit kendaraan Hyundai Ioniq yang merupakan mobil listrik buatan pabrik Korea Selatan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, tepatnya di Terminal 3.

    Masyarakat yang sedang berada di Bandara Soetta kini bisa menikmati sensasi menaiki mobil listrik Hyundai Ioniq yang telah disediakan oleh Grab dengan memesannya melalui aplikasi Grab di smartphone. Kerjasama ini merupakan bentuk nyata Grab dalam menjalankan Grab Electric Ecosystem yang akan digencarkan di Indonesia.

    Meski baru berjumlah 20 unit saja di awal peluncurannya kemarin, Grab memastikan akan menambah jumlah armadanya hingga ratusan unit di masa depan sebagai bentuk komitmennya untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam menghadirkan 2 juta kendaraan listrik hingga tahun 2025 mendatang.

    sumber: otomotif.net

    Armada yang digunakan oleh Grab sendiri adalah Hyundai Ioniq  yakni mobil dengan ukuran kompak panjang 4.470 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.475 mm dengan ukuran wheelbase 2.700 mm yang cocok digunakan di perkotaan. Untuk dapur pacunya, Hyundai Ioniq ini disematkan baterai lithium ion-polymer berkapasitas 38,3 kW. Dengan kapasitas tersebut, mobil listrik ini mampu menempuh jarak 373 kilometer. Motor listrik ini juga mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 Ps/100 kW dengan torsi puncak mencapai 285 Nm yang juga dilengkapi dengan charger on board 7,2 kW.

    Baterai yang disematkan di Hyundai Ioniq ini juga dikenal memiliki kemampuan mengisi yang sangat cepat atau dikenal dengan istilah Fast-charging dimana baterai ini mampu mengisi daya hingga 80% dalam waktu 54 menit.

    Digunakan sebagai taksi online, Hyundai Ioniq juga memiliki sistem keamanan yang baik dimana mobil ini memiliki 7 airbags yang disematkan di pengemudi dan penumpang di baris depan, bagian samping dan jendela, depan perut hingga lutut. Ioniq juga sudah dilengkapi sistem Tire Pressure Monitoring System yang memudahkan pengguna untuk mengetahui kondisi terkini mobil. Jika ingin parkir, pengguna dimudahkan karena adanya fitur Parking Distance Warning atau PDW.

    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments