Friday, May 20, 2022
25.5 C
Jakarta
More
    HomeHobi dan KomunitasKomunitas Para Ibu Berbagi di Tengah Pandemi

    Komunitas Para Ibu Berbagi di Tengah Pandemi

    Komunitas tidak hanya dibangun dari masyarakat yang aktif di luar rumah saja. Buat kamu yang sudah menjalani rumah tangga dan sudah menjadi ibu rumah tangga, kamu bisa mengembangkan diri bersama orang-orang agar lebih produktif dan melakukan aktivitas bermanfaat lainnya.

    Tugas seorang ibu memang harus mengurus rumah tangga dan anak, namun bukan berarti, sebagai ibu tidak bisa melakukan kegiatan lain, bahkan bisa membuat penghasilan tambahan. Selain menjadi wadah untuk mengembangkan diri, komunitas juga membantu kamu untuk berbagi, serta meminta saran dan pendapat, seperti tips and trick mengurus anak yang sedang sakit, memahami tumbuh kembang anak, dan sebagainya. Terlebih lagi di masa pandemi saat ini, diskusi serta pengetahuan tambahan diperlukan untuk seorang ibu rumah tangga agar tidak termakan isu-isu palsu mengenai pandemi ini. 

    Melansir Popmama.com, ada salah satu komunitas untuk para ibu yang ditujukan untuk berbagi di saat kondisi pandemi, yaitu Mom Academy. Widya Safitri yang merupakan pendiri Mom Academy sekaligus Co Founder & MoM in Chief of Business berbagi seputar komunitas yang sudah memiliki lebih dari 2.000 anggota ini. 

    Tentang MoM Academy 

    MoM Academy dibentuk sejak tahun 2019 yang merupakan komunitas di bawah bimbingan Mothers on Mission. MoM Academy memiliki misi para “ibu harus pintar, bahagia, dan produktif”. Saat ini MoM Academy sudah memiliki pengurus di 12 regional, yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan luar kota lainnya yang tergabung dalam komunitas WA Group. Sedangkan Mothers on Mission merupakan sebuah perusahaan yang fokus kepada pemberdayaan ibu dan perempuan agar terus berkarya dan produktif meskipun bekerja dari rumah, serta menciptakan lingkungan kerja yang ramah anak.

    Kegiatan di MoM Academy

    Dalam MoM Academy, para ibu bisa berbagi melalui KulWap (Kuliah via Whatsapp) dengan menghadirkan narasumber yang expert di bidangnya. Selain belajar onlinemelalui KulWap, zoom class, IG Live, terdapat kegiatan sosial, seperti donasi untuk disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan. Ada juga Market Day, sebuah kegiatan jualan antar anggota ke anggota. “Sebelum pandemi, komunitas ini juga mengadakan kopi darat, seminar, dan offline training,” ungkap Widya. MoM Academy juga berkembang menjadi penerima Product Endorse atau Trial yang merupakan project dari klien, serta agency

    Keuntungan mengikuti komunitas untuk ibu rumah tangga

    Mengikuti komunitas menjadi penting bagi ibu rumah tangga karena bisa menambah ilmu pengetahuan, menambah teman, dan keluarga baru, serta membuka peluang bisnis. Komunitas juga menjadi media untuk berbagi dan bertanya banyak hal sehingga membuka peluang untuk menjadi ibu rumah tangga yang lebih produktif dan menghasilkan. Wadah sharing sangat dibutuhkan untuk menguatkan kamu dalam menjalani kehidupan sebagai seorang ibu, terlebih lagi jika kamu merupakan seorang yang baru menjadi ibu. 

    Tips memilih komunitas 

    Pilihlah komunitas yang sesuai dengan ketertarikan dan kebutuhanmu. Carilah komunitas yang memiliki banyak nilai, keuntungan, serta manfaat untuk membuat dirimu menjadi lebih baik, memperkaya diri dengan ilmu dan meningkatkan produktivitas. Kamu bisa mencari tahu melalui internet atau media sosial mengenai kredibilitas dari komunitas yang ingin kamu ikuti. Kenali kegiatan, serta founder dari komunitas tersebut agar kamu mendapatkan kepercayaan dan kenyamanan. 

    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments