Sunday, June 26, 2022
25.6 C
Jakarta
More

    Lakukan Ini Agar Perjalanan Arus Balik Mudik Tetap Nyaman Walaupun Macet

    Setelah puas merayakan Hari Raya Lebaran dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, kamu  wajib mengetahui beberapa tips agar aman selama perjalanan arus balik saat mudik. Banyak orang memilih pulang sebelum akhir pekan agar bisa istirahat sebelum kembali berkegiatan di minggu depan. 

    Hal ini dilakukan oleh banyak orang sehingga kemungkinan besar perjalanan arus balik akan cukup padat dan lebih lama dari waktu biasanya. Simak tips berikut agar perjalanan tetap nyaman meski jalanan macet.

    Pantau Informasi Lalu Lintas Arus Balik

    Photo by Paul Hanaoka from Unsplash

    Agar kamu dapat mengetahui kapan puncak arus balik Lebaran terjadi dan rute mana berpotensi padat merayap, kamu harus selalu memantau informasi lalu lintas arus balik di berbagai media. Informasi ini dapat membantu kamu memperkirakan untuk memilih waktu dan rute yang sekiranya tidak terlalu padat kendaraan.

    Persiapkan  Siapkan Playlist Seru

    Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

    Musik bisa meningkatkan hormon dopamine yang menurunkan stres dan panik. Itulah kenapa sebelum road trip, banyak yang serius membuat playlist lagu.  Kamu pun bisa membuat playlist dengan lagu-lagu favorit kamu dan keluarga. Selain bisa meningkatkan mood, bernyanyi bersama selama di perjalanan bisa meningkatkan semangat dan quality time juga.

    Istirahat Saat Lelah

    Tak bisa dipungkiri, semua orang ingin cepat-cepat sampai tujuan. Sampai-sampai, mereka memaksakan diri untuk tetap menyetir padahal sedang sangat lelah dan mengantuk.  Daripada terjadi kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, lebih baik sadar diri dan beristirahat saat lelah. Hindari memaksakan diri demi menghindari macet atau ingin cepat sampai rumah. Ingat, keselamatan bersama adalah yang utama. 

    Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Jika Mesin Mobil Overheat Saat Perjalanan Mudik

    Berhenti di Rest Area yang Kurang Terkenal

    Rest area sering jadi pusat kemacetan dan juga sumber durasi pulang semakin lama. Antre di tempat makan, tempat ibadah, atau toilet jadi masalah utama. Kamu bisa berhenti di rest area yang belum banyak pengunjungnya. Biasanya, ada beberapa rest area favorit lantaran tempatnya yang bagus dan luas. Tak masalah berhenti di rest area kecil dan sederhana asal durasi di dalamnya bisa lebih cepat dan perjalanan pun bisa lebih cepat. 

    Jaga Mood Semua Penumpang

    Photo by Wendy Wei from Pexels

    Pulang bersama di mobil dalam waktu yang lama dan dalam keadaan yang macet membuat emosi para penumpang kurang stabil. Apalagi jika ada anak-anak, mereka cenderung lebih cepat kesal saat bosan dan lelah.  Usahakan untuk saling memahami dan lebih sabar selama di perjalanan agar tidak mudah terpancing emosi. Hindari pertengkaran yang tidak perlu dan beristirahatlah sejenak jika pengemudi atau penumpang sudah terlalu lelah. 

    Baca juga: Pemerintah Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Pada 6-8 Mei 2022

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here