Monday, December 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lebaran Ditengah Pandemi Virus Corona

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut sebagai hari lebaran bukan hanya sekedar hari yang penting bagi umat Islam saja, namun juga dijadikan sebagai momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga tersayang.

Identiknya, hari lebaran diwarnai dengan ajang silaturahmi dengan tetangga dan juga sanak saudara dengan mengunjungi rumah. Namun sayangnya, di momen lebaran tahun ini kondisinya agak berbeda karena Indonesia sedang mengahadpi situasi genting dimana masyarakat harus selalu waspada terhadap potensi penyebaran virus corona atau covid-19 yang sangat mudah. Hal ini juga didukung dengan kebijakan pemerintah yang melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman saat lebaran tiba nanti. Hal tersebut tentunya akan membuat masyarakat kemungkinan tidak bisa melakukan tradisi silaturahmi lebaran seperti biasanya.

Meski begitu, momen dan makna silaturahmi saat hari lebaran ini harus tetap dijalankan. Namun bedanya, yang biasanya kita melakukan kegiatan silaturahmi secara langsung, tahun ini kita harus menahannya dulu ya, guys! Nah, ini dia 4 kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi momen lebaran meski kamu hanya di rumah saja karena adanya pandemic virus corona.

Video call silaturahmi

Jika biasanya silaturahmi saat lebaran dilakukan secara langsung dengan mendatangi rumah sanak saudara, kali ini berbeda ya guys! Karena kamu dianjurkan untuk tetap dirumah dan melakukan physical distancing, silaturahmi tetap bisa dijalankan kok! Solusinya adalah dengan menggunakan teknologi video call. Meski tak bertemu secara fisik, setidaknya dengan melakukan video call dengan sanak saudara, tali silaturahmi tetap bisa dipegang erat lho! Kamu tetap bisa bertatap muka sambil mengobrol dengan keluarga dan sanak saudara melalui video call.

Agar suasana lebaran makin terasa, kamu juga bisa lho melakukan video call sambil memakan hidangan khas lebaran bersama-sama. Video call silaturahmi juga bisa menjadi alternative untuk menghemat uang. Kamu bisa menggunakan kelebihan uang untuk kegiatan lain yang lebih berguna seperti memberikannya kepada orang tua, sanak saudara, dan juga bersedekah kepada yang lebih membutuhkan.

Quality time bersama keluarga

Screen time can also be family time. Here's how to do it. |

Saat lebaran tiba, karena sibuk mengunjungi rumah sanak saudara, terkadang kita justru lupa untuk menghabiskan waktu bersama keluarga inti. Nah di momen lebaran yang berbeda tahun ini, kita bisa memanfaatkan momen ini untuk lebih menghargai waktu bersama keluarga. Karena dihimbau untuk melakukan physical distancing untuk menghindari penyebaran virus corona, kamu bisa menikmati waktu yang kamu miliki untuk quality time bersama keluarga di rumah.

Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan lho! Mulai dari memasak ketupat, dan berbagai hidangan lain khas lebaran, ngobrol mengenai keseharian sambil menikmati camilan khas lebaran, dan juga saling berintrospeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Beristirahat

Setelah berpuasa selama satu bulan dan melakukan berbagai aktivitas, tubuh pun tentu akan merasa lelah. Nah, di momen lebaran 2020 ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk beristirahat lebih banyak untuk mengusir lelah di tubuhmu guys. Karena kita hanya di rumah saja di lebaran tahun ini, waktu istirahat pun akan lebih banyak. Istirahat tak melulu soal tidur ya guys. Kamu bisa mengistirahatkan pikiran juga dengan melakukan hobi di rumah misalnya seperti main games, marathon film, atau bahkan beres-beres rumah.

Membuat challenge lebaran

Agar momen lebaranmu tidak terasa datar-datar saja, mulailah berpikir kreatif untuk lebih menghidupkan suasana lebaran yang agak berbeda tahun ini. Media sosial menjadi salah satu alternative yang bisa kamu coba lho! Belakangan, banyak challenge menarik yang viral di media sosial kan? Nah kamu juga bisa mencobanya untuk mengisi momen seru saat lebaran guys! Kamu bisa membuat konten video atau foto dengan tema lebaran semenarik mungkin dan mengunggahnya ke media sosial agar momen lebaran kamu lebih seru.

Hal ini juga bisa menjadi media untuk silaturahmi kepada sanak saudara yang tidak bisa kamu temui di momen lebaran kali ini. Lebih seru jika keluarga dan saudara bisa saling meramaikan challenge yang kamu buat di media sosial kan?

Nah, gimana? Sudah dapat kan inspirasi kegiatan yang bisa kamu lakukan di momen lebaran tahun ini? Jangan sedih karena tidak bisa pulang kampung ya! Tahan dulu rasa rindu untuk bertemu, demi kebaikan bersama. Lakukan hal-hal seru dan menarik di atas agar momen lebaranmu bisa lebih berwarna!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Resep Gingerbread Cookies, Cemilan Khas Natal

Menjelang perayaan natal pastinya akan ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mulai dari dekorasi rumah, pilihan baju natal, hinggga...

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Populer Artikel