Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Manfaat Reputasi Brand Sebagai Strategi Jitu dalam Bisnis Online

    Reputasi dan branding merupakan dua kunci penting dalam pertumbuhan suatu bisnis. Ketika membangun sebuah bisnis, reputasi adalah satu-satunya hal yang dimiliki oleh pelaku usaha. Mau sebagus apapun campaign pemasaran dan materi penjualan, keduanya tidak akan cukup ampuh untuk membuat pelanggan membeli lagi, apalagi tanpa mengandalkan reputasi brand.  

    Membangun reputasi brand sangatlah penting karena konsumen dapat melihat sebuah brand dari persepsi yang ditampilkan oleh merek tersebut. Salah satu kunci terpenting adalah persepsi atau customer imagery.

    Ahmad Ziki Rahmad Hidayat yang hadir sebagai mentor dalam Webinar Sanubari Sesi 2 pada Jumat 22 Juli 2022 menjelaskan, bahwa persepsi konsumen (Customer Imagery) menjadi cara bagaimana sebuah brand dapat lebih mudah diingat oleh konsumennya hingga memberikan sebuah persepsi tersendiri.

    Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha saat membangun persepsi sebuah brand yaitu, meliputi kualitas produk dan komponennya, kepuasan pelayanan yang diberikan, hingga keunikan tertentu seperti nilai serta manfaat khusus yang ditawarkan oleh produk atau layanannya.

    Selain itu terdapat pula beberapa hal yang harus dilakukan untuk membangun sebuah reputasi brand. Pertama, brand image yaitu sebuah strategi dalam pengelolaan suatu merek agar mendapat kesan mendalam dan positif dalam benak konsumen.

    “Salah satu contohnya adalah Coca-cola yang selalu dicari orang saat  mereka membutuhkan minuman segar untuk pribadi  maupun saat kumpul bersama dengan keluarga &  teman-temannya karena memiliki brand image  “Friendship, Happiness, Joy, Sharing, Unity and Fun”,” katanya.

    Baca juga: Ketahui Konsep Strategi Branding untuk Bisnis Online Lewat Webinar Sanubari SiCepat Bersama Achmad Ziki

    Ahmad Ziki Rahmad Hidayat selaku Co-Founder of Zyta Delia.

    Kedua, packaging yang menggambarkan nilai dan keunggulan dari produk yang ada. Kemasan menjadi hal pertama yang menunjukkan sebuah brand dilihat dari konsumen dari segi kualitas dan keamanan produk. Terlebih kesan pertama dapat menarik faktor psikologis konsumen untuk melakukan pembelian kembali.

    Ketiga, service image yaitu dengan memberikan pelayanan kepada konsumen untuk menimbulkan kesan positif menjadi hal penting dalam setiap kegiatan bisnis yang dilakukan. Beberapa hal penting di dalamnya yaitu dari segi pelayanan, interaksi dengan konsumen, hingga menjalin kedekatan dengan konsumen.

    Dan yang terakhir yaitu melakukan perbandingan harga (perceived price). Alasan konsumen melakukan perbandingan harga sebelum melakukan pembelian yaitu value yang diharapkan serta harga atau biaya yang dikeluarkan saat melakukan pembelian.

    Selanjutnya, memiliki Unique Selling Point (USP) menjadi hal utama yang bisa membedakan bisnis dengan banyaknya kompetitor. Hal ini menandakan bahwa USP memang sangat penting untuk suatu bisnis yang digunakan dalam memilih siapa saja calon pelanggan potensial untuk kompetisi pasar bisnis kamu.

    “Sebagai pelaku usaha, kita jangan terlalu fokus melihat kiri-kanan  kompetitor. Memang penting untuk belajar dari kompetitor  tapi jangan terpicu pada setiap langkah yang kompetitor  lakukan. Fokuslah pada kreativitas yang kita miliki dan  calon pelanggan kita,” katanya.

    Lalu bagaimana cara agar produk yang ditawarkan punya keunikan? Caranya yaitu melalui kreativitas, melihat hal-hal yang mempengaruhimu secara pribadi (emotional value), mendengarkan masukan atau suara dari pelanggan, dan mempunyai visi jika brand dapat berkolaborasi dengan influencer atau sesama pebisnis.

    Sebagai penutup, Zaki membagikan lima strategi mengembangkan bisnis berbasis reseller yaitu 

    1. Selektif memilih produk yang tepat dan memang disenangi
    2. Fokus serta siap untuk menyediakan pelayanan yang maksimal ke pelanggan
    3. Melek media sosial yang berguna sebagai media pemasaran sesuai dengan target
    4. Tetapkan aturan main serta benefit yang jelas
    5. Selalu menyediakan copywriting yang ciamik untuk produkmu

    Di akhir acara, SiCepat Ekspres membagikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp200.000,- untuk 5 orang pemenang. Dan uang tunai Rp500.000,- untuk 2 orang pemenang serta voucher dan merchandise bagi peserta yang memberikan pertanyaan paling menarik.

    Selamat ya bagi para pemenang Quiz Webinar Sanubari Sesi 2 ini! Jangan lupa untuk terus mengikuti sesi webinar Sanubari selanjutnya!

    Baca juga: Kenali Pentingnya Strategi Branding Saat Punya Bisnis Online Lewat Webinar Sanubari SiCepat

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here