Wednesday, October 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Manfaat Vaksin COVID-19 yang Perlu Kamu Ketahui!

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Manfaat vaksin COVID-19, seperti yang kita ketahui adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memutus rantai penyebaran virus Corona. Vaksinasi dilaksanakan juga untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit COVID-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

Vaksinasi merupakan suatu prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati. Tujuan vaksin adalah agar membuat sistem kekebalan tubuh mengenali serta mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh kita terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat terinfeksi suatu virus atau bakteri. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan penularan yang tinggi. Maka dari itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan vaksinasi. Dilansir dari Alodokter.com, berikut manfaat vaksin COVID-19 yang perlu kamu ketahui!

Photo by promkes.kemkes.go.id

Menurunkan angka positif dan kematian COVID-19

Vaksin COVID-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Walaupun seseorang yang sudah divaksin lalu tertular COVID-19, vaksin dapat mencegah terjadinya gejala berat dan komplikasi. Maka, jumlah orang yang positif atau meninggal karena COVID-19 akan menurun.

Terbentuknya herd immunity

Apabila vaksin COVID-19 diberikan secara massal, hal ini mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat. Namun demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakat, penelitian menyebutkan diperlukan 70 persen penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.

Meminimalisir dampak sosial dan ekonomi

Tidak hanya untuk sektor kesehatan saja, manfaat vaksin COVID-19 akan dirasakan pada sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki kekebalan tubuh yang baik setelah divaksin, maka kegiatan sosial dan ekonomi bisa kembali seperti sediakala.

Selagi menunggu vaksin COVID-19 diedarkan dan menunggu giliran mendapatkan vaksin, kamu harus tetap menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Terapkan protokol kesehatan ini di mana pun kamu berada. Jika kamu habis berlibur atau berinteraksi dengan seseorang yang positif COVID-19, usahakan untuk melakukan tes PCR atau setidaknya rapid test antigen, dan lakukan karantina selama minimal satu minggu meskipun hasil tes menunjukkan negatif.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi Tanpa HP Untuk Siswa Dan Lansia

Sekolah pada umumnya melarang siswa untuk membawa ponsel. Namun, saat ini kita sangat membutuhkan ponsel untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi...

Si Kecil Tidur Pulas dengan Kelambu NS Gallery

Tidur pulas pada anak atau bayi merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Ketika si kecil tidur pulas, hal ini...

SiCepat Ekspres Menambah Kepemilikan Saham Di DMMX

PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) kembali menambah kepemilikan sahamnya di PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Dengan ini, maka SiCepat...

Populer Artikel