Wednesday, December 7, 2022
32 C
Jakarta
More

    Marketing Communication SiCepat Ekspres

    Sebuah brand tentunya membutuhkan strategi marketing yang ciamik agar brand tersebut bisa dikenal dan diketahui oleh masyarakat secara luas. SiCepat Ekspres sebagai sebuah brand tentunya membutuhkan strategi marketing tersebut untuk bisa menjangkau masyarakat luas sehingga mereka menggunakan produk layanan yang ditawarkan oleh SiCepat.

    Nah, karena kebutuhan branding tersebut, SiCepat Ekspres dibantu oleh departemen Marketing Communication untuk menjalankan fungsi branding dengan berbagai strategi marketing yang dilakukan agar SiCepat bisa dikenal secara lebih luas di masyarakat. Seperti namanya, Marketing Communication ini tentunya memiliki tugas dan fungsi yang berkaitan dengan kegiatan marketing, alias pemasaran.

    Kegiatan marketing ada berbagai macam, dari mulai menyusun strategi komunikasi dan marketing, menggelar atau berpartisipasi dalam event dan exhibition, melakukan branding di gerai dan kendaraan operasional, melakukan kegiatan promosi di semua platform media yang dimiliki oleh SiCepat, hingga kegiatan sales promotion dan public relation.

    Tim Marketing Communication Sicepat Ekspres

    Dalam menjalankan berbagai tugas dan fungsinya ini, Marketing Communication tentunya dibantu oleh beberapa bagian lainnya baik dari internal marketing maupun departemen lain di luar marketing SiCepat Ekspres. Untuk internal marketing sendiri, Tim Marcomm dibantu oleh Multimedia dalam memproduksi konten kreatif berupa foto dan video yang dibutuhkan untuk konten promosi SiCepat Ekspres. Kemudian, untuk kebutuhan promosi dan marketing di platform media sosial, tim Marcomm dibantu oleh Creative Design dan Social Media.

    Tak hanya itu, terkait hubungan dengan media, tim Marcomm juga dibantu oleh Corporate Communication yang bertugas membuat press release dan mengundang rekan media jika ada event yang diselenggarakan oleh SiCepat dan membutuhkan exposure dari media. Ketika menyelenggarakan event, Marcomm juga dibantu oleh Customer Relation Officer (CRO) dan Sales untuk bisa melibatkan para seller online shop yang merupakan customer high value SiCepat.

    Beberapa tim internal marketing tersebut selalu siap sedia menjalankan tugas dan perannya untuk membantu Marketing Communication dalam menjalankan aktivitas branding SiCepat. Tak sampai disitu saja, Marcomm juga membutuhkan bantuan dari departemen lainnya untuk kebutuhan branding SiCepat seperti salah satunya tim General Affair dan Procurement untuk kebutuhan produksi /printing merchandise dan branding.

    Dalam menjalankan aktivitas branding, ada beberapa faktor penting yang sangat menunjang berhasil atau tidaknya strategi marketing yang dijalankan oleh Marketing Communication. Redhi menyebutkan, hal pertama yang sangat penting ketika kita menyusun sebuah strategi marketing adalah target sasaran yang dituju. Target sasaran harus dipertimbangkan dengan baik sebelum menyusun kampanye agar tujuan dan pesan bisa tersampaikan dengan baik, efektif, dan efisien. Selain menentukan target sasaran, penentuan platform yang digunakan juga penting untuk bisa menyampaikan pesan kepada target sasaran yang dituju.

    Berkaitan dengan kinerja dan performa Marketing Communication SiCepat Ekspres yang semakin membaik dari waktu ke waktu dan berhasil membuat SiCepat Ekspres lebih dikenal luas oleh masyarakat, Redhi membagikan point of view mengenai skill dan kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang marketeers (sebutan untuk orang yang bekerja dalam bidang marketing). Beberapa hal penting tersebut adalah diantaranya communication skill, creativity, negotiation skill, teamwork, dan quick learner.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here