Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeWisata KulinerKulinerMencicip Jajanan Hits Asal Negeri Sakura, Fluffy Pancake

    Mencicip Jajanan Hits Asal Negeri Sakura, Fluffy Pancake

    Pernah dengar fluffy pancake? Jajanan satu ini memang sedang naik daun di kalangan milenial. Bukan pancake biasa, jajanan asal Negeri Sakura ini punya bentuk yang lebih tebal dan tekstur yang lebih lembut ketimbang pancake pada umumnya.

    Awalnya, fluffy pancake ini merupakan dessert yang disajikan sebagai makanan penutup di beberapa restoran di Jepang. Karena cita rasanya yang unik dan tekstur lembutnya yang menjadi ciri khas, jajanan ini pun kemudian kian marak ditemukan di beberapa negara lainnya seperti Korea dan Thailand. Kini, giliran Indonesia yang tertular virus jajanan hits kekinian fluffy pancake ini.

    Di Indonesia sendiri, hanya ada beberapa restoran saja yang menyajikan dessert asal Jepang ini, salah satunya adalah Pan&Co di Kelapa Gading yang kini sedang banyak dikunjungi oleh para milenial yang penasaran dengan cita rasa yang ditawarkan oleh pancake super lembut ini.

    sumber gambar: chatelaine.com

    Tak tergolong terlalu sulit untuk dibuat, bahan dasar untuk membuat fluffy pancake ini cukup mudah ditemukan di sekitar kita seperti telur, tepung terigu, gula, susu, dan perisa vanilla. Yang mungkin menjadi perhatian adalah jumlah takaran setiap bahan untuk membuat adonan agar pancake yang dihasilkan bisa memiliki tekstur lembut yang sesuai.

    Tak hanya perbedaan tekstur dan bentuknya saja, ternyata rasa yang dihasilkan oleh fluffy pancake juga berbeda dengan pancake biasa, meskipun secara bahan dasar pembuatannya tak jauh berbeda. Fluffy pancake memiliki after taste yang tidak menimbulkan rasa enek bagi para penikmatnya.

    Cara memasaknya pun berbeda dengan pancake biasa. Jika pancake biasa hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit untuk matang, fluffy pancake ini membutuhkan waktu lebih lama sekitar 20 menit karena dimasak dengan metode slow cooking sehingga proses pengembangan adonan menjadi sempurna.

    Semakin hits dan kekinian, fluffy pancake tak hanya disajikan polos, melainkan ditemani dengan berbagai macam topping yang ditabur di atasnya, seperti gula tepung dan madu, eskrim, buah-buahan, hingga yang kini sedang populer yaitu boba alias bubble.   

    sumber gambar: BBCGoodFood

    Cara membuat fluffy pancake kekinian khas Jepang:

    Bahan-bahan:

    • 2 butir telur (pisahkan putih dan kuning telur)
    • 150 gr tepung terigu
    • 2 sdm gula pasir
    • 1 sdm madu
    • ¼ sdt baking powder
    • ¼ sdt garam
    • ¼ sdt perisa vanilla
    • Air secukupnya

    Cara membuat:

    1. Kocok 2 butir kuning telur hingga tercampur rata,
    2. Campurkan 150 gr tepung terigu dan ¼ sdt baking powder yang sudah diayak halus dengan kuning telur yang tadi sudah dikocok
    3. Tambahkan perisa vanilla, gula, garam secukupnya, dan madu dan aduk hingga merata
    4. Kocok putih telur hingga berbusa dan kaku
    5. Tuangkan sedikit demi sedikit adonan putih telur ke dalam wadah berisikan adonan kuning telur yang telah tercampur bahan lainnya, aduk hingga merata
    6. Sebelum masak, panaskan teflon/penggorengan hingga merata dengan api kecil
    7. Oleskan teflon dengan minyak secara merata
    8. Tuangkan adonan sekitar 2-3 sendok makan , masak dengan api kecil hingga muncul lubang-lubang kecil. Balik adonan agar matang merata. Lakukan hingga adonan habis.
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments