Sunday, September 25, 2022
35 C
Jakarta
More

    Mengenal Lebih Dekat Board Of Director Wiwin Dewi Herawati

    Setelah berkenalan lebih dekat dengan BOD Operasional di Majalah SiGesit edisi 12 bulan Juni lalu, kini saatnya kita mengulik dan mengenal lebih dalam salah satu leader SiCepat Ekspres yang juga memiliki peran besar dalam tumbuh berkembangnya SiCepat Ekspres beberapa tahun ini. Wiwin Dewi Herawati, atau yang kerap disapa dengan sebutan “Madam” ini merupakan satu-satunya sosok BOD (Board of Director) perempuan yang ada di SiCepat saat ini.

    Wiwin Dewi Herawati merupakan BOD Marketing yang kini menjabat sebagai Chief Marketing Officer SiCepat Ekspres yang memiliki segudang pengalaman dalam bidang marketing. Telah berkecimpung di dunia marketing kurang lebih selama 15 tahun, skill dan kemampuan marketing yang dimiliki Wiwin tak perlu diragukan lagi.

    Wiwin Dewi Herawati, Chief Marketing Officer SiCepat Ekspres

    Wiwin bergabung dengan SiCepat Ekspres sejak tahun 2015 lalu. Wiwin menjelaskan, pada saat dirinya bergabung, SiCepat Ekspres baru berusia satu tahun dan belum memiliki divisi marketing. Di momen Wiwin bergabung dengan SiCepat, barulah didirikan divisi marketing. Di saat pertama kali didirikan, divisi marketing SiCepat juga tidak memiliki banyak sumber daya dan kegiatan marketing serta branding belum seaktif saat ini.

    Seiring berjalannya waktu, SiCepat Ekspres mulai menjalankan berbagai strategi marketing yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness SiCepat di kalangan masyarakat dengan berbagai kegiatan branding yang dilakukan. Hingga saat ini, kegiatan branding SiCepat sudah jauh lebih berkembang dengan berkolaborasi bersama pihak-pihak lain. Salah satunya dengan menggandeng Baim Wong di tahun 2019 dan Raffi Ahmad di tahun 2020 sebagai Brand Ambassador SiCepat Ekspres.

    Sosok Kreatif dan Inovatif

    Sebagai Chief Marketing Officer yang secara langsung bertanggung jawab atas segala kegiatan marketing dan branding yang dilakukan SiCepat, Wiwin mengaku mendapatkan banyak inspirasi dari hal-hal kecil yang tidak sengaja ia lihat. Inspirasi ini pun bisa datang dari mana saja tanpa diduga, misalnya saja ketika membaca berita, bersosial media, atau menonton sebuah tayangan iklan di televisi.

    Menurut Wiwin, dalam menyusun strategi marketing tentu kita membutuhkan berbagai ide-ide kreatif yang out of the box dan juga sedang tren di kalangan masyarakat agar kegiatan marketing yang dihasilkan fresh. Nah, ide-ide yang ia dapatkan secara tidak sengaja tersebut seringkali menjadi inspirasi baginya.

    “Terkadang, misalnya saya sedang membaca berita atau menonton TV dan melihat iklan yang menurut saya menarik, secara otomatis saya langsung berpikir apakah hal tersebut bisa diterapkan di SiCepat atau tidak. Jika memang bisa, saya akan mengumpulkan ide-ide tersebut dan mendiskusikannya kepada tim untuk menghasilkan kampanye-kampanye marketing yang menarik, fresh, dan tentunya bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien,” ujar Wiwin.

    Wiwin juga menyebutkan, ide-ide marketing yang unik dan fresh tersebut kini memang sudah menjadi tren yang berkembang di masyarakat. Sehingga, meski SiCepat Ekspres merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik, berbagai kegiatan marketing yang dilakukan sangat beragam dan bisa dibilang belum pernah dilakukan oleh para perusahaan kompetitor di bidang yang sama.

    Dalam menyusun strategi marketing, Wiwin selalu berusaha untuk bisa menerapkan berbagai konsep marketing salah satunya provitable marketing yang mengedepankan product, brand, dan customer management. Sehingga, strategi marketing yang dihasilkan bisa mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Tak lupa, 360 degree marketing juga harus dijalankan dengan memanfaatkan seluruh platform yang telah dimiliki SiCepat Ekspres.

    “Sekarang perusahaan logistik bukan hanya fokus kepada mengantar paket saja ya. Hal-hal yang berkaitan dengan customer engagement dan lain sebagainya sudah menjadi hal yang sangat penting disamping pengiriman barang. Jadi keduanya memang tidak bisa dipisahkan. Nah bagaimana caranya untuk supaya masyarakat bisa engage dengan kita, ya tentu saja dengan berbagai kegiatan marketing yang fresh dan menarik tersebut sehingga masyarakat bisa lebih mengenal SiCepat dan menggunakan jasa pengiriman SiCepat Ekspres sebagai partnernya,” jelas Wiwin.

    Ide-ide kreatif yang dihasilkan ini tak hanya diaplikasikan untuk menyusun kampanye marketing dengan tujuan branding ke masyarakat saja, melainkan juga untuk menyusun kampanye CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Berbagai kegiatan CSR telah berhasil dilakukan oleh SiCepat Ekspres dengan ide-ide inovatifnya, termasuk dalam kondisi pandemi covid-19 yang melanda saat ini yakni diantaranya membagikan masker gratis melalui program GEMAS, membagikan sembako untuk masyarakat terdampak covid-19, membantu pendistribusian APD untuk tenaga medis di Rumah Sakit yang membutuhkan, dan masih banyak lagi.

    Berkat tangan dinginnya dalam memajukan dan mengembangkan marketing SiCepat Ekspres, wanita yang hobi wisata kuliner dan mencoba berbagai makanan khas Nusantara ini telah berhasil membawa SiCepat Ekspres mendapatkan berbagai penghargaan di bidang Marketing dan Corporate Social Responsibility. Beberapa penghargaan tersebut diantaranya adalah Penghargaan The Best Growth Strategy in Logistic Industry dari Indonesia BusinessNews Award (IBA). Penghargaan Marketing Sustainability Brand dari MarkPlus, Inc, Penghargaan TOP CSR of The Year dari Tras N Co, hingga Indonesia Prospective Brand 2020 dari SWA Media.inc.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here