Monday, December 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengulas Divisi Commercial: Business Development & Solution

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sebagai perusahaan ekspedisi yang baru didirikan pada 2014 lalu, SiCepat Ekspres mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat signifikan. Berkembangnya bisnis yang dijalankan SiCepat Ekspres ini tentu tak lepas dari peran berbagai divisi dan departemen yang saling menopang untuk memajukan SiCepat, salah satunya adalah Business Solution.

Business Solution merupakan departemen yang berada di bawah Commercial Division SiCepat Ekspres yang baru didirikan pada November 2018 lalu. Awalnya, departemen ini bermula karena adanya kebutuhan untuk mendukung berjalannya project customer corporate SiCepat. Beberapa project customer corporate terkadang masuk ke dalam kategori unik, dimana project tersebut biasanya berada diluar standar dan belum bisa ditangani oleh SiCepat pada saat itu. Nah, kehadiran Business Solution ini berfungsi untuk screening berbagai project unik tersebut apakah bisa dan mungkin dijalankan oleh SiCepat atau tidak.

Nidia Primana Putri selaku Asisten Manager Business Solution menjelaskan bahwa dalam menjalankan fungsinya, Business Solution juga melibatkan lintas divisi, mulai dari sales, marketing, hingga operasional. Business Solution ini juga seringkali menjadi wadah bercerita/sharing bagi para sales mengenai project-project yang berkaitan dengan customer. Business Solution akan mencoba sebisa mungkin mencari alternatif yang paling memungkinkan dalam membantu berjalannya project-project tersebut.  

“Maksudnya, jika saja project yang ditawarkan oleh customer berada di luar jangkauan atau standar SiCepat, Business Solution akan mencoba mencari alternatif apa yang mungkin tetap bisa diambil oleh SiCepat sehingga tidak menolak secara mentah opportunity tersebut. Namun dengan catatan, hal tersebut tetap harus disesuaikan dengan standar yang dimiliki SiCepat juga. Dalam hal ini, Business Solution juga berperan untuk memberikan ide lain bagi customer dalam menjalankan project bersama SiCepat”, ujar Nidia.

Lebih rinci, Nidia memberikan contoh bagaimana Business Solution turut membantu project yang akan dijalankan SiCepat Ekspres yakni salah satunya layanan COD SiCepat.

Nidia menyampaikan, “Layanan COD ini merupakan project yang dibilang sangat tricky karena berurusan dengan dana barang yang harus disampaikan ke customer. Dalam project ini, Business Solutionlah yang membantu agar proses COD bisa berjalan dengan lancar dengan membantu membuatkan flow COD ke customer yang sesuai dengan agreement yang sudah disepakati. Business Solution juga akan membantu koordinasi dengan finance perihal penagihan dan lain sebagainya”.

Nidia Primana Putri (Asisten Manager Business Solution SiCepat Ekspres)

Nidia juga menegaskan, “Intinya, Business Solution ini ada untuk membantu project sales berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan kesepakatan dengan customer.”

Karena bisnis yang dijalankan SiCepat semakin berkembang mengikuti perkembangan e-commerce di Indonesia, peran dan fungsi Business Solution yang tadinya fokus kepada customer corporate, kini sudah melebar juga ke e-commerce dan marketplace.

Sejauh ini, SiCepat sendiri telah bekerja sama dengan berbagai marketplace di Indonesia seperti diantaranya ada Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zilingo, Zalora, dan masih banyak lagi. Dalam kerja sama dengan marketplace ini juga menghasilkan beberapa produk seperti promo cashback dan juga gratis ongkir yang diperuntukkan bagi customer yang menggunakan jasa pengiriman SiCepat saat belanja online di beberapa marketplace tersebut.

Dalam kerja sama dengan platform e-commerce atau marketplace, Business Solution ini juga membantu hal-hal yang berkaitan dengan integrasi sistem. Integrasi sistem yang dimaksud adalah seperti request pick up, trakcing, pricing, dan lain-lain yang berkaitan dengan sistem pengiriman yang tertera di website e-commerce atau marketplace.

Karena fungsi tersebut, sales yang menangani project-project customer tidak secara langsung meminta integrasi sistem kepada divisi IT, melainkan harus melalui Business Solution terlebih dahulu. Business Solution nantinya akan meng-screening apakah integrasi sistem ini efisien sesuai dengan kebutuhan atau tidak, mengingat integrasi sistem merupakan hal yang kompleks dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Business Solution harus bisa menjadi jembatan antara perusahaan dengan customer dalam mencari jalan keluar terbaik yang efektif dan efisien ketika terdapat peluang-peluang yang bisa memajukan SiCepat Ekspres. Sehingga, dalam usahanya mencari jalan keluar tersebut, Business Solution juga bisa menghasilkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat untuk keberlangsungan perusahaan di masa depan.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Resep Gingerbread Cookies, Cemilan Khas Natal

Menjelang perayaan natal pastinya akan ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mulai dari dekorasi rumah, pilihan baju natal, hinggga...

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Populer Artikel