Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengulik Departemen Sales Corporate SiCepat Ekspres

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sebagai sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis dalam bidang logistic dan pengiriman, SiCepat Ekspres tentunya memiliki berbagai elemen penunjang yang menjalankan fungsi krusial dalam perusahaan, salah satunya adalah Sales. Jika beberapa waktu lalu kamu sudah mengetahui adanya divisi Sales Commerce dan Sales e-Commerce yang menjalankan fungsi penjualan kepada customer yang merupakan owner online shop dan market place, kali ini tim majalah SiGesit akan membahas salah satu divisi Sales lainnya yakni Sales Corporate.

Dari namanya saja sudah terdengar berbeda, tentu fungsi yang dijalankannya pun berbeda. Sales Corporate merupakan sebuah divisi yang berada dibawah Departemen Sales yang juga menjalankan fungsi penjualan kepada customer potensial SiCepat Ekspres. Namun, yang membedakan adalah customer/ target pasar yang dituju yakni sebuah perusahaan/corporate.

Dalam menjalankan fungsi penjualan, Sales Corporate SiCepat Ekspres sendiri bertugas untuk mengakuisisi customer baru yang segementasinya adalah perusahaan atau B2B (Buyer to Buyer) seperti PT dan CV dan juga instansi pemerintah. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, divisi Sales Corporate SiCepat Ekspres dibantu oleh 22 orang karyawan yang terbagi dalam 2 tim. Tim tersebut terdiri dari 1 orang Sales Manager, 6 orang Sales Corporate, 2 orang Sales Support, 1 orang Tele Sales, dan juga 1 orang Admin Sales. Semuanya memiliki peran dan tugasnya masing-masing dalam menjalankan fungsi penjualan.

Jika dijabarkan dengan detail, Sales Manager tentunya bertugas untuk memimpin dan mengawasi kerja tim. Sales Corporate bertugas secara lapangan untuk mencari customer baru yang merupakan perusahaan/ corporate. Selain penjualan secara langsung dengan turun lapangan yang dilakukan Sales Corporate, fungsi penjualan lainnya juga dibantu oleh Tele Sales melalui telepon dan email. Kemudian, Sales Support bertugas untuk menjalankan fungsi sebagai customer service yang lebih terkonsentrasi untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan yang menjadi customer SiCepat Ekspres. Terakhir, ada Admin Sales yang bertugas untuk mengurusi hal-hal yang bersifat administratif.

Tim Corporate Sales SiCepat Ekspres (dok. SiCepat Ekspres)

Tim majalah SiGesit berkesempatan untuk mewawancarai Ruslan Abdul Gani selaku Senior Sales Manager Corporate untuk bertanya lebih jauh seputar Sales Corporate SiCepat Ekspres. Ruslan mengatakan bahwa meski Sales Corporate terdengar seperti divisi sales yang seperti biasanya menjalankan tugas dan fungsi penjualan, namun sebenarnya Sales Corporate mempunyai fungsi yang lebih kompleks karena menangani customer perusahaan/corporate yang membutuhkan pelayanan khusus.

Sejauh ini, SiCepat Ekspres telah berhasil bekerja sama dengan berbegai macam perusahaan dari berbagai bidang industri seperti diantaranya ada MNC Sky Vision, Ace Hardware, Sony, , Johnson&Johnson, Aice, Shipper, Angkasa Pura Logistics, BPJS Ketenagakerjaan dan masih banyak lagi.

Ruslan juga menyampaikan bahwa terkait target besar yang akan dicapai oleh SiCepat Ekspres di tahun 2020 mendatang, divisi Sales Corporate juga mempersiapkan banyak hal agar mampu melampaui target tersebut.

“Dengan target yang besar di tahun 2020 mendatang, kami Sales Corporate juga melakukan banyak persiapan untuk bisa menjalankan fungsi demi mencapai target. Tak hanya mempersiapkan skill yang lebih baik lagi, persiapan dari segi operasional juga menjadi fokus yang sedang berusaha ditingkatkan.”

Ruslan Abdul Gani (Senior Sales Manager Corporate SiCepat Ekspres

Sales Corporate sendiri memiliki target sebesar 8% dari total shipment yang ditargetkan di tahun 2020 mendatang. Besarannya sekitar 80.000 paket perhari yang harus diantar ke perusahaan/instansi pemerintah yang menjadi customer SiCepat. Target tersebut 10 kali lipat lebih besar dari rata-rata paket saat ini yakni sekitar 8.000 paket setiap harinya.

Ruslan menambahkan, “Berbagai cara yang akan dilakukan oleh Sales Corporate untuk mencapai target besari di 2020 diantaranya adalah rencana untuk menambah satu tim personil baru untuk menunjang performa penjualan di tahun depan. Selain rencana menambah personil, Sales Corporate juga akan melakukan banyak koordinasi dengan operasional supaya beberapa komoditi/ shipment di corporate bisa di support oleh operation. Selain itu, Sales Corporate juga akan mulai mencoba masuk ke program pemerintah serta bekerja sama dengan Lembaga/instansi pemerintah.  ”

Menurut Ruslan, ada banyak kesempatan yang tersedia bagi SiCepat Ekspres untuk dapat mengembangkan bisnis yang belum dimaksimalkan. Beberapa diantaranya masih terhalang masalah operasional.

“Paket yang bisa ditangani oleh SiCepat hingga saat ini masih sangat terbatas seperti diantaranya layanan antar dokumen yang belum memiliki packaging khusus, belum bisa menerima paket super bulky (paket besar), voucher dan parcel. Padahal, beberapa layanan yang belum bisa dicover tersebut memiliki peluang bisnis yang lumayan dan mendatangkan revenue besar.” Kata Ruslan.

Sehingga menurut Ruslan, dengan adanya target besar yang menanti di tahun 2020, masih banyak persiapan yang harus dilakukan terutama dari segi operasional. Tak lupa, Sales Corporate juga berusaha lebih aktif untuk terlibat dalam pameran dan eksibisi logistic untuk bisa menjangkau target pasar yang lebih luas dan menjaring customer corporate lebih banyak lagi. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

Populer Artikel