Saturday, August 13, 2022
26.8 C
Jakarta
More

    Menu Vegetarian Lezat Khas Indonesia

    Makanan khas Indonesia banyak yang bisa dimasukkan dalam kategori menu untuk vegetarian. Menu makanan berbahan dasar tahu, tempe, dan jamur dapat kamu jadikan menu vegetarian yang lezat. Apalagi, Indonesia kaya akan hasil pertaniannya yakni berbagai macam sayuran. Tidak perlu ragu lagi, menu-menu khas Indonesia berikut ini bisa kamu olah menjadi makanan vegetarian yang lezat!

    Pepes tahu, tempe, atau jamur 

    Photo by iStock Photo

    Umumnya, makanan khas Jawa Barat ini berisi ikan yang dibalut tahu. Jika kamu seorang vegetarian, kamu bisa menggantinya dengan protein olahan sayuran seperti tempe dan jamur. Seluruh bahan-bahan tersebut tinggal dicampurkan dan dibungkus dengan daun pisang. Memasaknya pun mudah, kamu bisa mengukusnya atau dibakar. Kamu dapat menikmati rasa yang sedap dan aroma daun pisang yang khas. 

    Dari tahu dan tempe, kamu juga bisa mengolahnya menjadi tahu dan tempe bacem. Sebelum digoreng, tahu dan tempe direndam dalam rebusan air dengan bumbu dauan salam, lengkuas, kecap manis, dan garam. 

    Sayur urap 

    Photo by JokoHarismoyo (Canva.com)

    Berbahan dasar sayur-sayuran, urap yang memiliki arti dicampur, makanan yang satu ini cocok untuk pecinta pedas. Terdiri dari campuran sayuran hijau, kacang panjang, dan taoge yang dikukus. Kemudian, diurap (dicampur) dengan kelapa yang dibumbui, serta sambal. Sajian yang simpel ini sangat menyegarkan dan biasanya ada dalam setiap acara syukuran karena dianggap sebagai lambang kegembiraan dan syukur dalam kesederhanaan. 

    Menu vegetarian khas Indonesia berbahan dasar sayuran lainnya yang dapat kamu nikmati, yaitu pecel dan gado-gado. Bedanya, pecel tidak menggunakan kelapa melainkan sambal pecel, sementara gado-gado dapat dinikmati dengan lontong sebagai sumber karbohidrat. 

    Lontong sayur atau kupat sayur 

    Photo by AmalliaEka (Canva.com)

    Sayuran dari menu yang satu ini adalah nangka muda dan pepaya muda. Semua bahan direbus menggunakan air santan dan biasanya ditambahkan cabai agar memiliki aroma pedas. Lontong atau kupat sayur biasanya disajikan sebagai menu sarapan. 

    Gudeg 

    Photo by ridzky setiaji (Canva.com)

    Makanan khas Yogyakarta ini terbuat dari nangka muda yang direbus dengan santan dan gula aren. Rasanya yang manis dan gurih bisa kamu santap dengan tahu, krecek, dan tempe bacem agar lebih nikmat. 

    Sayur asem 

    Photo by AmalliaEka (Canva.com)

    Sayur asem sangat cocok disantap untuk makan siang. Bahan-bahannya cukup sederhana, yaitu melinjo, labu siam, kacang panjang, kacang tanah, kangkung, dan jagung muda. Menu vegetarian satu ini disebut asem atau asam karena mengandung asam jawa dan belimbing di dalam bumbunya. 

    Alycia Putri
    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here