Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    Minum Kopi Saat Menstruasi, Baik atau Tidak Ya?

    Kopi bukan hanya minuman yang bisa dinikmati oleh pria saja. Sekarang, banyak juga wanita-wanita yang gemar minum kopi bahkan kopi sendiri menjadi minuman wajib bagi beberapa wanita yang memang menyukainya. Bagi para wanita yang gemar minum kopi, kebiasaan meminum kopi mungkin sangat sulit dihindari, meski sedang mengalami haid atau menstruasi.

    Namun sebenarnya, apakah kebiasan minum kopi saat sedang mengalami haid atau menstruasi baik bagi kesehatan wanita? Seperti yang diketahui, kopi mengandung kadar kafein yang cukup tinggi. Dalam satu cangkir kopi hitam seduh (kopi tubruk) ada sekitar 95-200 mg kafein. Meski kafein dikenal bisa memberikan lonjakan energi untuk beraktivitas, namun kadar kafein yang tinggi ternyata bisa menimbulkan beberapa efek pada kondisi tubuh wanita saat menstruasi.

    Bagi kamu wanita penggemar kopi, ini dia beberapa efek samping yang mungkin akan muncul saat kamu terlalu sering meminum kopi saat sedang haid atau menstruasi:

    Bisa membuat nyeri haid semakin parah

    Kafein dalam kopi memuat pembuluh darah menyempit sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar. Kurangnya aliran darah ke otot rahim perut akan memotong suplai oksigen yang bisa menyebabkan rasa sakit dan kram perut semakin parah. Selain itu, asupan darah beroksigen yang menuju otak juga ikut berkurang. Hal ini dapat menyebabkanmu mengalami sakit kepala yang lebih parah.

    Perut akan terasa lebih kembung dan tak nyaman

    Beberapa kopi memiliki sifat asam. Hal tersebut akan memicu asam lambung naik dan perut kembung. Ketika asam lambung naik, maka berbagai gangguan pencernaan akan muncul, dari sensasi panas di ulu hati, perut terasa penuh, hingga merasa mual. Hal ini semakin parah jika Anda minum kopi sebelum perut terisi. Tentu, kondisi ini akan membuat Anda semakin tidak nyaman saat si tamu bulanan datang.

    Bisa meningkatkan resiko insomnia dan kurang istirahat

    Saat haid atau menstruasi, yang dibutuhkan adalah istirahat yang cukup. Namun jika kamu mengonsumsi kopi, maka waktu istirahatmu dikhawatirkan akan semakin berkurang. Karena seperti yang diketahui, kopi mengandung efek stimulan yang membuat anda bisa terjaga.

    Membuat cemas dan mood swing

    Tak hanya itu, minum kopi saat haid akan memengaruhi mood dan bisa bikin Anda lebih cemas. Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam penelitian yang dimuat pada Journal of Women’s Health yang mengungkapkan bahwa wanita yang sering minum kopi saat menstruasi cenderung punya mood yang buruk dan lebih gampang cemas.

    Minum kopi saat menstruasi bukan sepernuhnya hal yang salah. Kopi masih bisa dinikmati oleh wanita yang sedang haid dan menstruasi asal jumlahnya wajar dan tidak berlebihan. Yang perlu dipahami, perempuan sebenarnya disarankan untuk mengurangi asupan minuman berkafein selama sedang datang bulan. Sebagai ganti secangkir kopimu, perbanyaklah minum air putih atau minuman elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

    Atau alternative lainnya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti alpukat, pisang, atau papaya baik dalam bentuk buah maupun jusnya. Tak hanya itu, alternative minuman hangat bercampur rempah seperti kunyit, jahe, atau the hijau bisa membantu meredakan nyeri haid pada wanita.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here