Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Museum Macan (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Liburan tak hanya bisa diisi dengan bepergian ke tempat wisata seperti pantai, pegunungan, atau taman rekreasi saja. Museum seni juga bisa menjadi salah satu alternatif tempat yang bisa dikunjungi untuk mengisi waktu liburanmu. Bagi beberapa orang, menikmati karya seni bisa membuat pikiran fresh dan menghilangkan penat.

sumber gambar: beritagar

Di Jakarta, ada sebuah museum yang sedang populer dikalangan milenial yakni Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau lebih sering disebut sebagai Museum Macan. Terletak di Jalan Panjang, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Museum Macan banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan dari mulai anak-anak hingga orang dewasa karena bisa dijadikan sebagai wahana rekreasi sekaligus edukasi. Museum ini pertama kali resmi dibuka pada 3 November 2017 lalu oleh seorang kolektor seni Haryanto Adikoesoemo.

Berdiri di atas lahan seluas 4000 meter persegi, Museum Macan menjadi museum seni pertama di Indonesia yang memberikan akses masuk kepada masyarakat umum untuk menikmati hasil karya seni modern dan kontemporer. Kamu bisa menikmati 90 karya seni yang dipamerkan di Museum Macan yang merupakan hasil karya seni para seniman ternama baik dari Indonesia maupun Internasional.

Tak hanya menampilan berbagai macam lukisan yang menarik mata, Museum Macan juga memajang berbagai instalasi seni karya seniman populer dunia. Instalasi seni ini menjadi hal yang unik sekaligus menjadi trademark dari Museum Macan yang populer dikalangan para milenial karena dikenal sangat Instagramable.

sumber gambar: travel kompas

Salah satu instalasi seni di Museum Macan yang sempat menjadi trending dan populer dikalangan pengguna Instagram adalah instalasi seni “Infinity Mirrored Room” yang merupakan hasil karya seniman kontemporer ternama dunia yang identik dengan motif polkadotnya, Yayoi Kusama.

Bukan cuma instalasi “Infinity Mirrored Room” saja yang bisa menarik mata, ada juga beberapa instalasi seni yang tak kalah unik dan Instagramableseperti instalasi seni Narcissus Garden— dari bola-bola stainless steel dan sudut polkadot berwarna kuning hitam yang juga merupakan karya Yayoi Kusama.

sumber gambar: travel today

Jika kamu tertarik untuk menghabiskan waktu luang dan liburanmu untuk menenangkan pikiran dengan melihat berbagai karya seni yang indah dan menarik mata, Museum Macan bisa menjadi pilihan tepat lho! Untuk bisa menikmati karya-karya seni modern dan kontemporer di Museum ini, kamu hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp 100.000 untuk pengunjung dewasa, Rp 90.000 untuk pelajar/mahasiswa, dan Rp 80.000 untuk anak-anak. Museum Macan sendiri buka dari hari Selasa hingga Minggu pukul 10.00-18.00 WIB dan tutup di hari Senin.

Sebagai tambahan informasi, saat ini Museum Macam sedang mengadakan pameran khusus hasil karya seniman asal Negeri Tiongkok, Xu Bing bertajuk “Thought and Method” yang berlangsung sejak 31 Agustus 2019 hingga 12 Januari 2020 mendatang.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel