Tuesday, January 25, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pentingnya Berkumur Untuk Kurangi Infeksi Akibat Virus

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahu kah kamu, selain menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi? Berkumur adalah hal yang mudah dilakukan, namun tidak sedikit orang malas melakukannya.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berkumur. Kamu bisa terbebas dari bau mulut, mengurangi plak, dan dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan gusi dan gigi.

Di masa pandemi Covid-19, selain memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan lainnya, kita juga perlu melakukan beberapa kebiasaan yang dapat meminimalkan risiko infeksi Covid-19, salah satunya dengan berkumur. Melansir dari Halodoc.com, virus Covid-19 terbukti dapat bersarang di tenggorokan selama berminggu-minggu dan bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Baca juga: Pengaruh Covid-19 Terhadap Kesehatan Mulut dan Gigi

Photo by iStock Photo

Alasan mengapa kita perlu berkumur

Makanan yang dikonsumsi dapat meninggalkan sisa yang menempel pada gigi ataupun terselip pada sela-sela gigi dan gusi. Jika dibiarkan terlalu lama, sisa makanan tersebut akan menjadi plak dan membusuk. Proses pembusukan ini yang dapat memicu perkembangan bakteri dalam mulut. Masalah kesehatan pun akan muncul, seperti bau mulut, penumpukan plak, gusi meradang, gigi berlubang, dan masalah gigi dan mulut lainnya.

Bagi kamu yang sudah mulai aktif beraktivitas di luar rumah, masker tentunya menjadi salah satu alat pelindung diri pertama yang melindungi kamu dari infeksi virus saat ini.  Namun, kemampuan masker menahan masuknya virus ke dalam mulut tidak mencapai 100 persen. Virus-virus lain mungkin saja masuk ke dalam tubuh kamu melalui rongga mulut. Untuk mencegah akumulasi virus berlebih di dalam rongga mulut, sebaiknya kamu berkumur setiap hari dengan obat kumur yang memiliki sifat antiseptik.

Satu kali aktivitas berkumur biasanya hanya mampu melindungi gigi dan mulut selama 12 jam. Maka dari itu, kamu perlu berkumur setidaknya dua kali dalam sehari menggunakan obat kumur.

Baca juga: Mencuci Tangan Dengan Sabun Efektif Membunuh Virus

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Wajah Glowing dengan MS Glow

Merawat kulit wajah sejak dini merupakan hal yang penting dilakukan untuk setiap orang. Apalagi, jika kamu hidup di perkotaan...

Makan Hemat dengan Tukar Poin GRES di Digiresto

Halo, Sahabat SiCepat! Yuk, tukar poin GRES kamu dengan e-voucher untuk pesan makanan di Digiresto! Kamu akan mendapatkan ektsra...

Aksi Karyawan SiCepat Antar Korban Kecelakaan dengan Mobil Ekspedisi

SiCepat Ekspres melalui Tim HRD memberikan apresiasi dan uang tunai kepada Indra Kurniawan, karyawan yang bekerja sebagai petugas keamanan...

Populer Artikel