Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Pentingnya Peregangan Tubuh di Sela-sela Waktu Kerja

    Bagi kamu para pekerja kantoran yang harus bekerja selama 8-9 jam sehari tentu pernah merasa tubuhmu kaku dan merasa tidak bugar kan? Terlebih jika pekerjaan yang kamu lakukan mengharuskanmu untuk duduk setiap saat. Pasti rasa pegal di seluruh tubuh pernah kamu alami.

    Nah, bagi para pekerja yang menghabiskan waktunya untuk bekerja dengan postur duduk dalam jangka waktu yang terlalu lama, ternyata penting loh untuk melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja! Peregangan ini penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan memiliki beberapa manfaat.

    Manfaat yang diperoleh dari peregangan yang kamu lakukan di sela-sela waktu kerja diantaranya adalah seperti meningkatkan fleksibilitas otot tubuh, mencegah obesitas, memperlancar peredaran darah, mencegah nyeri otot, dan juga membuat kerja lebih produktif karena tubuh merasa lebih rileks.

    Tak perlu melakukan peregangan berat dengan terlalu banyak gerakan, beberapa gerakan kecil bisa kamu lakukan di sela-sela waktu kerja. Berikut ada beberapa gerakan bisa kamu praktekan untuk meregangkan otot-otot tubuh yang kaku karena terlalu lama bekerja dalam posisi duduk. Gerakan-gerakan kecil ini bisa kamu lakukan sembari duduk dan berdiri lho! Yuk dicoba!

    Warm Up

    Sebelum melakukan stretching, biasakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Tak perlu banyak gerakan, cukup dengan duduk tegak di kursi kantormu kemudian buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan jari-jarimu untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

    Side Neck Stretches

    sumber: Jagat Review

    Lemaskan otot leher dengan memiringkan leher ke kanan dan kiri. Gerakan ini bertujuan untuk meregangkan otot leher agar tidak kaku dan nyeri setelah duduk bekerja seharian. Lakukan ini dengan postur duduk yang tegap.

    Shoulder Shrug

    sumber: Jagat Review

    Bahu dan Pundak merupakan salah satu bagian tubuh yang sering merasa nyeri dan kaku ketika terlalu lama dalam posisi duduk. Untuk itu, kamu perlu melakukan peregangan dengan cara mengangkat bahu anda ke atas mendekati arah telinga dan tahan posisi tersebut selama 3-5 detik kemudian turunkan. Lakukan gerakan ini berulang 3-4 kali untuk melemaskan otot bahu yang tegang.

    Backside Stretches

    sumber: Jagat Review

    Bagian belakang punggung tentunya akan merasa kaku jika kamu terlalu banyak duduk di meja kantor. Untuk melemaskannya, kamu bisa melakukan gerakan peregangan dengan cara duduk tegap sambil mengangkat kedua tangan dengan telapak tangan saling terkait lurus ke arah atas, kemudian miringkan ke kiri atau kanan secara perlahan. Frekuensi gerakan ini dapat dilakukan berkali-kali, terlebih jika Anda sering merasakan pegal atau kaku di punggung.

    Middle Back Stretch

    sumber: Jagat Review

    Selanjutnya, untuk meregangkan otot bagian lengan dan juga bahu, kamu bisa melakukan gerakan kecil dengan cara duduk tegak di kursi kemudian pegang siku kiri dengan tangan kanan dan gerakkan lalu dorong perlahan siku ke arah pundak kanan. Tahan selama 5 detik, lalu ulangi untuk siku sebelah kanan. Gerakan ini juga dapat Anda ulangi beberapa kali.

    Back and Leg Curl

    sumber: Jagat Review

    Tak hanya otot bahu, lengan, dan leher saja yang kaku, otot punggung dan kakimu pasti juga merasakan nyeri jika duduk terlalu lama. Untuk mengatasinya, lakukanlah gerakan peregangan dengan duduk di kursi, pegang kaki kanan di bagian depan betis lalu angkat perlahan sambil ditekuk dari permukaan lantai dan tahan beberapa detik. Ulangi juga untuk kaki kirimu.

    Leg Lift

    sumber: Jagat Review

    Bagian otot paha dan betis juga kadang akan merasakan kaku dan nyeri. Untuk menghindari kejadian tersebut, lakukan gerakan peregangan dengan cara duduk tegak di kursi sembari perlahan-lahan mengangkat sebelah kakimu sembari memastikan posisi kaki anda lurus ke depan. Ulangi juga untuk kaki yang sebelahnya lagi.

    Chair Sit to Stand

    sumber: Jagat Review

    Selain meregangkan otot-otot kaki, kamu juga perlu melatih keseimbangan tubuh dengan gerakan-gerakan peregangan kecil. Gerakan ini merupakan gerakan yang paling mudah dilakukan dimana kamu hanya perlu berdiri dari kursi lalu duduk tegak kembali sambil mengulang-ulang gerakan ini beberapa kali. Peregangan ini berfungsi untuk meregangkan otot kaki secara keseluruhan dan melatih keseimbangan tubuhmu.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here