Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PLTA Mini Buatan Jepang

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) merupakan salah satu metode penghasil listrik. Biasanya PLTA dibuat dengan membangun bendungan untuk menampung air dalam kuantitas besar. Energi yang dihasilkan dari air yang mengalir dari tempat tinggi ke rendah akan menggerakan jari-jari turbin sehingga menggerakan generator untuk menghasilkan listrik. 

Jepang yang merupakan negara dengan inovasinya yang tinggi, terutama dalam bidang teknologi, membuat teknologi revolusioner terbaru berupa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) mini yang dikembangkan oleh Masaya Sumino, seorang engineering pabrik metal di Ena, Gifu, Jepang Tengah. 

Photo by Here’s Tv (youtube.com)

Masaya Sumino yakin bahwa seluruh air yang mengalir memiliki energi. Ia memanfaatkan sumber daya tersebut semaksimal mungkin agar tidak sia-sia. Generator PLTA mini temuan Masaya ini berbentuk selubung kotak seberat 18 kg yang di dalamnya berisi besi turbin spiral. Generator ini memiliki panjang 1 meter dengan lebar 28 cm. 

Photo by Here’s Tv (youtube.com)

Dengan ukuran dan berat tersebut, maka generator ini memungkinkan untuk bisa dibawa kemana-mana, bahkan digotong oleh satu orang. Posisi bilah spiral yang dibuat miring, PLTA mini ini bekerja dengan cara bagian yang tinggi diletakan di sisi hulu sungai, sedangkan bagian yang rendang di sisi hilir sungai.

Photo by Here’s Tv (youtube.com)

Aliran air di hulu sungai yang terhalang oleh pelat logam setinggi 15 cm akan naik, kemudian turun melalui turbin spiral. Di sinilah kekuatan air pada pilah akan menggerakan turbin dan menghasilkan listrik. Maka dari itu, PLTA mini ini dapat bekerja meskipun berada di aliran sungai yang sangat dangkal. 

Photo by Here’s Tv (youtube.com)

Generator listrik buatan Masaya Sumino ini memungkinkan untuk menjadi solusi jika terjadi keadaan darurat dan bisa diaplikasikan di tempat terpencil karena kegunaannya yang sangat efisien. “Ada banyak tempat di mana manusia atau seluruh area tidak memiliki akses listrik. Apabila kita dapat menyediakan mereka sarana untuk memproduksi listrik secara mandiri, mereka kan mampu mengubah hidup, itulah harapan saya,” ungkap Masaya Sumino dalam video YouTube Here’s TV yang berjudul PLTA Mini di Jepang, Bisa Dibawa ke Mana-mana. 

Kini generator-generator atau PLTA mini buatan Masaya Sumino telah digunakan pada saluran irigasi di pinggir jalan sebagai sumber tenaga untuk lampu jalan dan pagar listrik agar melindungi lahan pertanian di Jepang. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel