Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ponsel dengan Kamera 64 Megapixel Pertama di Indonesia

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Realme XT VS Redmi Note 8 Pro

Dua brand smartphone asal China, Realme dan Xiaomi sama-sama baru saja mengeluarkan produk ponsel pintar terbarunya beberapa bulan lalu. Kedua ponsel pintar tersebut sama-sama mengusung teknologi kamera tercanggih dengan kualitas 64 megapixel. Realme dan Xiaomi juga kompak menyebut produknya sebagai ponsel pintar pertama yang mengusung kamera 64 megapixel.

Realme XT. sumber gambar: GSM Arena

Namun, Xiaomi lebih dulu merilis ponsel pintar dengan teknologi kamera termutakhir ini dalam bungkus Redmi Note 8 Pro yang meluncur pada 18 Oktober 2019 lalu. Sedangkan Realme meluncurkan Realme XT pada 22 Oktober 2019.

Meluncur dalam waktu yang berdekatan di Indonesia, dan juga sama-sama mengangkat teknologi kamera 64 megapixel, manakah yang lebih unggul diantara keduanya? Ini dia komparasi dari kedua ponsel kembar yang saling bersaing di pasar gadget tanah air.

Kamera

Xiaomi Redmi Note 8 Pro. sumber gambar: gadgetmatch

Keduanya hadir dengan mengusung Quad Camera 64 megapixel didalamnya, tetapi selfie kamera yang tersemat dilayar berbeda. Redmi Note 8 Pro yang hadir lebih dulu di Indonesia dengan menyematkan 20 megapixel AI Beauty Camera. Sedangkan, tandingannya, Realme XT dilengkapi dengan 16 megapixel AI Beauty Camera.

Selain itu, sensor ultra wide angle yang dimiliki keduanya juga berbeda. Realme XT memiliki 8 megapixel wide angle kamera dengan 119 derajat. Sedangkan dalam Redmi Note 8 Pro hadir setingkat lebih tinggi yaitu 120 derajat.

Peletakkan kamera belakang juga berbeda, Realme XT masih menyematkan 64 megapixel Quad Kamera miliknya di bagian ujung Realme XT. Sedangkan, 64 megapixel Quad Camera Redmi Note 8 Pro terletak dibagian tengah pada belakang ponsel.

Desain

Sams-sama memiliki perlindungan layar Corning Gorilla Glass 5, desain Realme XT dan Redmi Note 8 Pro tentu saja berbeda. Redmi Note 8 Pro tampil dengan desain G3 dengan 4 curve dibagian belakangnya. Tandingannya, Realme XT, memiliki desain 3D Glass yang tampil berkilau. Kendati demikian, keduanya memilki klaim yang sama, yaitu memudahkan pengguna dalam memegangnya.

Perbedaan selanjutnya terletak dibagian layar, Redmi Note 8 Pro hadir dengan layar FHD+ yang memiliki screen to body ratio sebesar 91.4%. Sedangkan, Realme XT memiliki layar Super AMOLED dengan 91.9% screen to body ratio.

Chipset

Bagian ini yang bisa cukup ambil andil saat Anda mempertimbangkan akan memilih yang mana. Khusus Redmi Note 8 Pro, Xiaomi memilih chipset yang berbeda dari ‘saudaranya’ sendiri, Redmi Note 8, ponsel pintar ini didukung dengan MediaTek G90T. Sedangkan, Realme menyematkan Snapdragon 712 AEI sebagai chipset dalam Realme XT.

Finger Print

Duo 64MP Quad Camera ini memiliki finger print yang berbeda. Realme XT mengusung finger in display didalam smartphonenya. Finger in display dalam Realme XT ini diklaim lebih cepat jika dibandingkan dengan finger print sebelumnya.

Sedangkan, Redmi Note 8 Pro masih meletakkan finger print pada bagian belakang layar, tepatnya dibagian bawah 64MP Quad Camera ponsel pintar itu.

Baterai

Keduanya dilengkapi dengan kapasitas baterai yang berbeda serta teknologi pendukung lainnya. Redmi Note 8 Pro yang hadir sebagai pioner 64MP kamera di Indonesia, dilengkapi dengan baterai sebesar 4500mAh dengan didukung teknologi Liquid Cooling. Teknologi ini mampu menurunkan suhu baterai ketika digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

Sedangkan, dalam Realme XT, memiliki kapasitas baterai yang lebih rendah, yaitu sebesar 4000mAh dan tidak memiliki teknologi seperti Redmi Note 8 Pro tersebut.

Namun, teknologi VOOC Flash Charge yang dimiliki oleh Realme XT lebih besar, yaitu 20W. Sedangkan, Redmi Note 8 Pro hanya menerima dukungan fast charging sebesar 18W.

Kapasitas Penyimpanan

Uniknya, kedua vendor ini memilih jenis penyimpanan yang sama sekali berbeda. Redmi Note 8 Pro hadir di Indonesia dengan 2 konfigurasi, yaitu RAM 6GB/ROM 64GB dan RAM 6GB/ROM 128GB. Sedangkan, Realme XT hadir dengan memboyong 2 konfigurasi yaitu RAM 4GB/ ROM 128GB dan RAM 8GB/ ROM 128GB.

Harga

Realme XT dijual 15.999 rupee atau Rp 3.799.000 juta untuk varian RAM 4GB dan penyimpanan internal 64 MB di India. Varian 8GB +128 MB dijual Rp 4.499.000.

Redmi Note 8 Pro dengan RAM 6GB + 64GB dengan harga Rp 2.999.000, RAM 6GB + 128GB dengan harga Rp 3.399.000.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

Populer Artikel